News Ticker

TENTANG PENTINGNYA TULANG PUNGGUNG

By Agus Khairi - Thursday, February 25, 2016 No Comments

Tulang punggung atau dalam bahasa inggris (back bone) merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia. Hal ini karena berfungsi untuk menyangga bagian atas tubuh sehingga bisa tegak. Tulang punggung bukanlah satu tulang memanjang seperti tulangg kering pada kaki, namun terdiri dari susunan tulang kecil tidak beraturan yang berjumlah tiga puluh tiga (33) tulang.
Namun dalam tulisan ini saya tidak akan membahas tulang punggung seperti pada paragraf di atas, bukan pula berbicara tentang satu Group Band tekenal (red: Andra and The Back Bone). Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang tulang punggung dalam sebuah organisasi. Karena saya adalah seorang pemuda yang bergelut di organisasi pemuda maka tulang punggung, biar lebih kren kita sebut saja back bone, yang akan saya bahas adalah tulang punggung dalam organisasi pemuda.
Layaknya pada tubuh manusia, back bone dalam sebuah organisasi sama pentingnya dalam menopang tegaknya organisasi tersebut. Karena dengan banyaknya bagian di dalamm organisasi (anggota) maka tentu harus ada yang berperan untuk menopang berjalannya roda organisasi sesuai dengan tujuan dan program utama. Back bone ini tentunya juga tidak bertumpu pada satu dua orang saja, namun beberapa orang yang biasanya terstruktur dalam sebuah susunan pengurus harian. Yang mana pengurus inilah yang memastikan berjalannya roda organisasi samapai pada tujuan yang dicita-citakan bersama. Tentu dengan menggerakkan seluruh potensi anggota untuk bergerak bersama dalam satu langkah dan arahan dari pengurus harian. Bukan kemudian pengurus hanya menjadi tukang perintah (commander) saja, namun juga terlibat aktif dalam kerja-kerja organisasi.
Back bone dalam organisasi akan bisa berfungsi dengan baik jika sudah terlibat atau lebih tepatnya dilibatkan dalam tiap kerja-kerja organisasi. Mereka tidak terbentuk begitu saja dengan sendirinya, namun back bone terlahir dari lapangan praktik yang luas dan berkali-kali. Mereka ditempa dan diasah oleh praktik kerja organisasi. Sehingga melahirkan back bone yang kuat dan tentunya tidak kropos. Untuk menjaga tulang ini tetap kuat juga penting untuk memberikan suntikan kalsium tulang berupa pemahaman materi tentang organisasi dan berbagai hal dalam rangka peningkatan kemampuan pemikiran.
Pada akhirnya back bone diharuskan mampu menjalankan roda organisasi yang dipimpinnya. Seperti halnya apa yang sudah kita siapkan dan lakukan dalam Organisasi Pemuda Darma Karya Bakti (PDKB) tercinta. Tidak mudah memang, dibutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan bahkan materi dalam menjalankan organisasi. Namun semuanya akan terasa sangat bermakna ketika kita mampu berbuat untuk orang banyak. Tetap semangat Kawan-kawan. Perjuangan belum berakhir. Salam Perubahan.

Torehan untuk Organisasi Pemuda Darma karya Bakti (PDKB) Masbagik Timur.

No Comment to " TENTANG PENTINGNYA TULANG PUNGGUNG "

Tinggalkan jejak di sini