News Ticker

KENAWA, SAVANA YANG TERAPUNG

By Agus Khairi - Saturday, March 5, 2016
KENAWA, SAVANA YANG TERAPUNG


Nusa Tenggara Barat memang dianugerahi dengan panorama alam yang sangat indah, dengan dua pulau utama dengan keelokan mulai dari pesisir pantai hingga puncak gunung. Selain itu, NTB juga dianugerahi dengan pulau-pulau kecil (gili) yang mempunyai keindahan masing-masing yang berbeda. Gili-gili tersebut seolah-olah menjadi satelit bagi dua pulau besar yakni Pulau Lombok dan Sumbawa. Masing-masing Pulau tersebut mempunyai satelit yang sudah terkenal dengan keindahannya bahkan sampai mancanegara.

Salah satu pulau kecil yang beberapa tahun terakhir sudah terekspose dan mulai banyak dikunjungi wisatawan local dan mancanegara adalah Pulau Kenawa. Pulau kecil yang yang terletak di wilayah kabupaten Sumbawa barat (KSB) dekat dengan pelabuhan Pototano. Walaupun tidak begitu luas namun pulau ini sangat indah dengan pantai yang berpasir putih dan rumput bak savana dan satu bukit kecil di ujung pulau. Begitu indah dengan rumput hijau pada saat musim hujan dan hamparan pasir putih serta air yang jernih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Sehingga sangat cocok untuk berenang dan snorkeling. Dengan permukaan yang tertutup padang rumput tidak salah kiranya kalau saya sebut Pulau Kenawa ini dengan Savana Terapung.

Untuk dapat berwisata ke pulau ini tidaklah sulit karena akses yang sangat mudah. Bagi wisatawan yang akan berkunjung melalui pulau Lombok tentunya harus menyebrang menggunakan kapal penyebrangan dari pelabihan Kayangan (Labuhan Lombok) menuju Pelabuhan Pototano. Setelah itu melanjutkan penyebrangan dari dermaga kecil khusus untuk ke pulau ini yang berada di samping kiri Pelabuhan Pototano menggunakan jasa penyebrangan oleh para nelayan setempat. Sedangkan bagi wisatawan yang dari pulau Sumbawa tentu makin mudah untuk mengakses tempat ini karena hanya perlu datang ke dermaga penyebrangan untuk pulau kenawa.

Tidak lengkap rasanya berwisata ke pulau in tanpa menginap, karena daratan yang tertutup rumput ini sangat cocok untuk mendirikan tenda. Tentu dengan membawa perbekalan dari seberang karena di tempat cukup sulit untuk mendapatkan makanan untuk mengganjal perut walaupun ada pedagang di pulau ini. Namun masih terbatas pada makanan ringan dan tentunya harga yang lumayan mahal. Di samping itu tersedia juga beberapa gazebo dekat dengan pantai untuk berteduh pada siang hari karena di pulau ini hampir tidak ada pohon besar. Hanya beberapa pohon bakau yang tedapat di pinggir pantai saja, selebihnya dalah hamparan rumput.



Selain menikmati pantai berpasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga, di tempat ini juga bias digunakan sebagai spot untuk menikmati sunset. Dari atas bukit yang terdapat di ujung pulau ini dapat dinikmati indahnya saat-saat menjelang terbenamnya matahari dengan semburat cahaya yang terpantul di laut. Dan jika cuaca sedang cerah maka ketika menghadap ke barat dapat dilihat Gunung Rinjani di Lombok yang berdiri dengan kokoh serta beberapa pulau kecil lainnya. Selain bias memanjakan mata, tempat ini juga sangat cocok untuk menyegarkan kembali fikiran setelah penat dengan aktifitas sehari-hari karena suasananya yang tenang khas dengan suara ombak yang menjilat pantai dan udara yang bersih. Jadi, pulau ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati suasana camping, pantai dan sunset sekaligus. Selamat Berlibur. Wonderful NTB.