EMMA DI HARI TERAKHIR - NDL institute
Tulisan Terkini
Loading...

Saturday, September 8, 2018

EMMA DI HARI TERAKHIR


Pada hari ke enam, tepatnya Sabtu tanggal 8 September 2018 merupakan hari terakhir rangkaian kegiatan Emergency Market Mapping and Analysis (EMMA). Pada tahap ini mai diarahkan oleh fasilitator Mba Puspa untuk membuat Kerangka Pilihan Respon dan dan Kerangka Rekomendasi Respon. Dua hal yang sangat penting dan menentukan ketepatan pemberian respon di lapangan pasca gempa. Oleh karena itu, dua hal ini membutuhkan analisa yang bernas agar tidak salah respon dan sasaran tentunya.untuk melakukan ini kami berdiskusi dengan kelompok yang menangani CMS Beras. Juga dibantu oleh anggota TIM yang bertugas di daerah kota untuk tambahan informasi dan analisa.
Ada empat pilihan respon yang diajukan dalam TIM kami, tiga di antaranya temasuk dalam kategori tingkat kelayakan tinggi dan satu kategori kelayakan sedang. Tida yang tinggi kelayakannya adalah distribusi beras secara langsung kepada penyintas, memberikan voucher beras kepada penyintas untuk ditukar di pengecer beras di desa setempat, dan dukunga perbaikan infrastruktur pasar beras yaitu tempat usaha dan penyimpanan. Satu pilihan yang tingkat kelayakannya sedang adalah pendampingan ke pemerintah untuk mendorong Bank memberikan keringanan pengembalian kredit bagi pengusaha beras. Pertimbangan tingkat kelayakan dari tiap-tiap pilihan respon adalah atas dasar pertimbangan ketepatan pada tahap penerapan di masyarakat atau kelompok sasaran. Selain itu juga dipertimbangkan kelebihan dan keurangan masing-masing pilihan. Tentu semua pilihan respon ini perlu dikaji kelayakannya agar bisa menjadi tindakan yang tepat sasaran. Dengan tidak mengabaikan prinsip pemberdayaan.
Selain itu juga, Kerangka Rekomendasi Respon disusun untuk memberikan rekomendasi kepada Pemerintah maupun Lembaga yang bergerak untuk kemanusiaan agar dapat memberikan respon terhadap para penyintas yang ada di lapangan. Tentunya masing-masing pihak akan memberikan respon dan interfensi sesuai dengan kapasitas dan mandat masing-masing lembaga. Pemberian voucher beras dan pemberian keringanan pengembalian pinjaman di Bank menjadi pilihan rekomendasi kepada penyintas yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Tidak lupa juga psikososial kepada para pedagang agar segera bangkit dengan usahanya sehingga rantai pasar tidak terputus. Dengan demikian pemulihan secara ekonomi dan mental masyarakat penyintas dapat sdgera terwujud.
Demikianlah rangkaian kegiatan EMMA yang saya ikuti untuk persiapan pasca tanggap darurat gempa Lombok. Sangat bahagia dapat ikut terlibat karena selain dapat membantu korban ke depannya juga saya mendapat pengalaman dan ilmu yang penting sekali dalam penanganan kebencanaan. Selain itu juga, ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam program lain yang berkaitan dengan aktifitas pasar. Tentunya dalam bidang pemberdayaan yang saya cita-citakan bisa terlaksana di lingkunan terdekat saya. Juga harapan besar sumbangsih yang sedikit ini bisa membantu pemulihan pasca gempa di Lombok. Serpihan tanah surge di bumi.

Lombok Bangun Kembali
#komunitasonedayonepost

#ODOP_6     

Share with your friends

Give us your opinion

Tinggalkan jejak di sini

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done