News Ticker

GAWAI, AMPLOP DAN ULAT

By Agus Khairi - Wednesday, September 12, 2018 No Comments

Perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan suatu perubahan yang mendasar di kalangan masyarakat terkait dengan caranya berkomunikasi. Tentunya ini tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan manusia yang terus melaju tanpa dapat dihentikan. Dalam dunia komunikasi manusia terus berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru. Tidak lepas dari bagaimana caranya agar mempermudah manusia dalam menjalani hidup di muka bumi ini. Berbagai temuan dalam alat komunikasi mempengaruhi bagaima manusia berkomunikasi dengan manusia yang lainnya.
Dulunya manusia berkomunikasi dengan yang painnya membutuhkan waktu yang lama. Ini dikarenakan terbatasnya pengetahuan untuk menghantarkan pesan dari oengirim ke penerima. Sejak dikenalnya tulis menulis dan kertas maka berkembanglah system komunikasi manusia mengguankan surat. Surat  diantar dari pengirim ke penerima melalui jasa pengiriman yang disebut pos. komponen utama dari system pengiriman ini adalah kertas, baik itu kertas untuk menulis pesan yang disebut surat maupun kertas lainnya untuk dijadikan pembungkus surat yang dinamakan amplop.
Namun sekarang ini penggunaan kertas dan amplop surat sudah mulai berkurang penggunaannya. Hal ini dikarenakan adanya gawai yang digunakan untuk mengantarkan pesan dengan cepat. Tanpa menunggu sampai berhari-hari, bahkan dalam hitungan detik pesan yang dikirim bisa sampai ke penerima. Awalnya dengan adanya computer dan jaringan internet orang bisa mengirim pesan dalam bentuk digital, tidak membutuhkan amplop dan kertas surat lagi. Pesan dalam bentuk digital ini kemudian dikirimkan melalui layanan surat elektronik (e-mail) melaui perangkat yang satu ke perangkat yang lain. Perkembangan terakhir juga sudah semakin canggih, gawai yang biasa digunakan untuk komunikasi dengan suara dan pesan singkat saja, gawai berkembang pesat dan dapat digunakan layaknya perangkat computer yang tersambung dengan internet. Sekarang mengirim pesan hanya menggunakan gawai dalam genggaman tangan. Gawai ini bisa dibawa kemana-mana di dalam saku. Sehingga wajar pemakaian amplop dan kertas surat berkurang pesat dan terancam akan ditinggalkan oleh manusia.
Memperhatikan penggunaan kertas dan amplop yang terus berkurang tentunya menjadi angin segar bagi kelangsungan hidup kayu di hutan. Bagaimana tidak, kertas dan amplop ini dibuat dari bubuk kayu (pulp) yang diambil dari hutan. Semakin berkurangnya penggunaan kertas untuk keperluan lembar cetak dan amplop ini maka akan berpengauh pada penurunan produksi kertas, tentunya akan berimbas pada penebangan hutan. Sehingga semakin mengurangi salah satu sector usaha yang memerlukan kayu dan penebangan hutan.

Semakin terjaganya hutan tentu banyak keuntungan yang didapatkan, salah satu yang mungkin tidak terpikirkan yaitu ulat daun. Dengan terpeliharanya hutan ini maka secara tidak langsung habitat ulat daun ini akan tetap banyak sehingga perkembangan ulat yang menjadi rangkaian metamorphosis serangga yang banyak terdapat di bumi jadi terjaga. Salah satu serangga yang akan banyak adalah kupu-kupu. Kita tau bahwa rangkaian kehidupan dari seranggga yang indah ini adalah salah satunya melewati bentuk ulat.

#TantanganODOP1
#onedayonepost
#odopbatch6

Tags:

No Comment to " GAWAI, AMPLOP DAN ULAT "

Tinggalkan jejak di sini