News Ticker

HP DILARANG DI SEKOLAH, PERLUKAH?

By Agus Khairi - Sunday, September 23, 2018 No Comments
Fenomena siswa membawa HP ke sekolah banyak ditemukan di wilayah NTB mulai dari siswa SMP sampai SMA. Hal ini memicu pemerintah Provinsi NTB pada tahun 2017yang lalu memberlakukan peraturan melarang siswa membawa HP ke sekolah. Tanpa ada peraturan inipun sebenarnya sekolah sudah banyak yang melarang siswanya membawa HP ke sekolah. Namun ada juga sekolah yang tidak menerapkan peraturan ini karena kebutuhan siswa akan akses internet untuk pembelajaran.
Tentunya ada alasan kenapa pemerintah provinsi melarang siswa membawa HP ke sekolah. Salah satu alasan utama adalah isi pemberitaan di media sosial yang tidak terkontrol. Sehingga dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi siswa. alasan yang cukup berterima di kalangan pendidik, namun belum tentu di rumah. Mengingat penggunaan internet jug ajarang pengawasan dari orang tua. Alasan sekolah yang membolehkan siswa membawa HP adalah karena alasan kebutuhan pembelajaran. Sekolah menyiapkan layanan internet gratis di sekolah sehingga siswa bisa mengakses internet dengan mudah.
Dua alasan di atas antara yang melarang dan membolehkan tidak bisa disalahkan. Tentu dengan pertibangan masing-masing seperti yang telah dikemukakan. Dua penyikapan terhadap akses internet bagi siswa yang tentunya perlu dipertimbangkan secara menyeluruh. Tidak melihat dampak negative saja tapi juga memperhatikan kegunaan HP bagi siswa. Pembatasan dan pendidikan terhadap penggunaan HP perlu menjadi perhatian semua pihak agar tidak merugikan siswa dari segi kegunaan dan kebutuhan tapi juga tidak merugikan siswa dari segi dampak buruk akses internet.
Melihat perkembangan zaman saat ini, tentunya anak sekolah umur SMP dan SMA tentu sudah akrab dengan penggunaan HP. Karena sebagian besar di rumah sudah akrab dengan HP yang dicontohkan di lingkungan keluarga. Sehingga pelarangan bukan menjadi solusi utama bagi pencegahan dampak buruk akses internet. Lembaga pendidikan seharusnya bisa mengarahkan penggunaan gawai dalam hal ini HP yang tersambung dengan internet untuk kebutuhan pembelajaran. Dengan begitu siswa tidak perlu dibatasi, tapi diarahkan agar tidak sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna bagi kebutuhan pelajar. Sehingga manfaat besar penggunaan HP oleh siswa bisa didapatkan. Sebagai contoh, dalam pengerjaan bahasa inggris, siswa butuh kamus yang digital agar tidak berat dibawa ke sekolah. Atau bisa google translate untuk menerjemahkan kalimat-kalimat yang belu mdimengerti. Pada pelajran lain juga bisa dibuatkan system online menggunakan platform yang sudah banyak digunakan di dunia pendidikan. Dengan demikian maka pelarangan penggunaan HP bisa diganti dengan pengarahan siswa agar sibuk mencari bahan-bahan pembelajaran di dunia maya. Tentu dengan rekomendasi dari guru, laman mana yang tepat untuk mencari bahan pelajaran terkait. Jadi tidak perlu ada pelarangan HP di sekolah yang justru menjauhkan siswa dari dunianya sendiri sebagai digital native, yaitu dunia maya dan segenap kegunaannya.

#komunitasonedayonepost

#ODOP_6

No Comment to " HP DILARANG DI SEKOLAH, PERLUKAH? "

Tinggalkan jejak di sini