News Ticker

KIDS ZAMAN NOW

By Agus Khairi - Sunday, September 23, 2018 No Comments


Frasa kids zaman now ini sering terdengar di oleh kita dalam perbincangan sehari-hari, terlebih di media sosial dan media massa. Terlepas dari siapa yang mengemukakan pertama kali istilah ini, namun dari penggunaan yang saya perhatikan ini mengacu kepada bagaimana anak sekarang ini. Tingkah anak remaja yang kekinian sering dikaitkan dengan istilah kids zaman now ini. Dari segi gaya hidup dan penampilan, maupun tingkah laku keseharian mereka yang lekat dengan media sosial sering dikaitkan juga dengan istilah tersebut.
Tapi saya ingin melihat ini dari sudut pandang yang sedikit berbeda dari kebanyakan orang. Mungkin saja bagi sebagian orang, terutama kalangan tua, kadang istilah ini identik dengan hal yang cenderung negatif. Namun saya mencoba menggunakan istilah ini dalam mengamati tingkah anak yang masih belia, yang masih dalam kategori balita. Istilah kids zaman now ini akan saya kaitkan dengan tingkah balita yang gandrung terhadap gawai. Di lingkungan saya sehari-hari saya kerap melihat anak-anak dalam kategori balita ini memegang gawai dan memutar video dan bermain game. Ini tentunya dikarenakan lingkungan keluarga mereka, dalam hal ini orang tua yang menggunakan gawai, terutama telpon pintar mereka yang terhubung dengan koneksi internet. Sehingga praktis video bisa ditonton dan game dimainkan secara daring oleh mereka. Dalam keseharian mereka, gawai ini menjadi pengganti mainan yang bukan dalam kategori digital sekarang ini.
Melihat fenomena ini, banyak orang tua yang khawatir dan berpikir bahwa ini bisa berakibat buruk bagi anak-anak. Tapi saya justru berpikir bahwa ini adalah sebuah keniscayaan. Akrabnya anak-anak, bahkan balita pun, dengan gawai yang terhubung dengan internet adalah hal yang biasa. Bagaimana tidak, mereka lahir di zaman digital, sehingga secara otomatis mereka menjadi digital native, generasi yang memang asli dari zaman yang mereka lahir. Menjadi keniscayaan bagi mereka sampai selanjutnya nanti akan akrab dengan gawai dan internet. Hal ini tidak akan bisa dicegah karena gawai dan internet akan menjadi kebutuhan bagi mereka pada saat ini dan masa yang akan datang.
Melihat konten yang begitu beragam di internet maka kekhawatiran para orang tua menjadi hal yang perlu disikapi. Jangan sampai menjadi penghalang untuk akses gawai dan internet bagi para kids zaman now. Konten negative dan tidak sesuai dengan umur bisa kita sikapi dengan pengawasan dan penyaringan isi dari apa yang dibuka oleh anak-anak. Pengawasan orang tua menjadi penting dalam hal ini sehingga ketakutan atau bahkan lebih jauh lagi parno tehadap gawai dan internet bagi anak bisa dihilangkan. Sekarng ini sudah berkembang berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk penyaringan dan kontrol orang tua terhadap akses internet. Salah satunya adalah Youtube Kids yang bsia didapatkan di Playstore di gawai yang menggunakan Android. Jadi penyediaan tontonan bagi anak-anak terutama bisa dikontrol oleh orang tua. Karena sekali lagi, akses gawai dan internet oleh anak-anak sekarng ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Kita perlu memberikan akses yang perlu bagi mereka agar tidak tertinggal. Juga untuk kebutuhan perkembangan otak anak-anak sehingga siap untuk menghadapi tantangan masa depan yang serba digital. Jadi mari berrikan akses gawai dan internet yang perlu bagi kids zaman now sebagai digital native agar tidak gaptek atau gagap teknologi. 

#TantanganODOP2
#onedayonepost
#odopbatch6

#nonfiksi    

No Comment to " KIDS ZAMAN NOW "

Tinggalkan jejak di sini