News Ticker

LITERASI DAN DAYA SAING BANGSA

By Agus Khairi - Saturday, September 15, 2018 No Comments

Saat ini literasi menjadi isu penting dalam dunia pendidikan maupun masyarakat umum menyusul diluncurkannya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015 lalu. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca yang masih rendah berdasarkan hasil dari PISA 2015. Hasil tersebut menunjukkan literasi anak Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara-negara perserta yang megikuti tes PISA (OECD, 2016). Untuk memperluas gerakan literasi ini kemudian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Gerakan Literasi Nasional yang disambut dengan baik oleh para pegiat literasi di seluruh Indonesia. Hasilnya, gerakan literasi ini begitu massif menyebar ke seluruh pelosok nusantara dengan pelibatan lembaga pendidikan formal maupun lembaga non formal melalui taman baca masyarakat.    
Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini kemampuan literasi dimaknai tidak hanya terbatas pada kemampuan baca dan tulis namun sudah diperluas menjadi praktik sosial, yaitu apa yang orang lakukan dengan literasi dalam kehidupan sehari-hari (Pahl & Rowsell, 2005). Dalam hal ini literasi secara luas diartikan dengan aktifitas sehar-hari masyarakat yang melibatkan baca dan tulis. Sehingga literasi ini menjadi semakin penting mengingat kita sudah memasuki era global yang mana informasi sudah tidak lagi terhalang oleh batas antar negara. Hal ini mensyaratkan daya saing bangsa harus terus ditingkatkan agar tidak tertinggal oleh negara lain di tengah persaingan yang sangat ketat.

Salah satu cara agar bangsa kita dapat bersaing di tengah era global ini adalah dengan meningkatkan kemampuan literasi bangsa. Tentunya tidak hanya literasi baca dan tulis tetapi juga literasi digital dan literasi informasi yang termasuk dalam kemampuan yang dibutuhkan dalam abad 21 ini. Kemampuan dalam hal penggunaan media (literasi digital) dan pemanfaatan informasi (literasi informasi) harus terus ditingkatkan mulai dari lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Sehingga dengan meningkatnya kemampuan literasi maka manusia Indonesia bisa menyesuaikan diri dan mengambil manfaat dalam pergaulan dengan bangsa lain dalam era yang mana arus informasi serba cepat dan dalam moda digital ini. Semakin tinggi tingkat literasi bangsa Indonesia maka semakin percaya diri dalam pergaulan di dunia internasional. Sehingga secara tidak langsung daya saing bangsa kita semakin meningkat dan bahkan melampaui bangsa-bangsa di dunia.       

No Comment to " LITERASI DAN DAYA SAING BANGSA "

Tinggalkan jejak di sini