News Ticker

MENIKMATI MATAHARI TERBIT DI PANTAI LABUHAN HAJI

By Agus Khairi - Friday, September 28, 2018 5 Comments

Pantai Labuhan Haji merupakan pantai yang sangat populer di Lombok Timur. Sejak dulu pantai ini selalu ramai dikunjungi terutama hari minggu. Pantai ini terbilang sangat disukai oleh kalangan masyarakat bawah sampai menengah dan atas. Garis pantai yang panjang dan ombak yang tidak begitu besar membuat anak-anak bisa bermain dengan leluasa. Pantai ini memang sangat representatif untuk liburan keluarga.
Seiring perkembangan daerah Labuhan Haji yang dibangun dermaga dengan tujuan dikembalikan fungsinya seperti dulu. Disebut Labuhan Haji karena dulu digunakan sebagai dermaga untuk pemberangkatan jemaah calon haji dari jalur laut. Sejak dibangunnya dermaga membuat pantai ini semakin ramai dikunjungi, tidak hanya di hari minggu saja atau hari-hari besar. Tapi juga hari-hari lain terutama sore hari ramai diikunjungi oleh masyarakat tua dan muda. Ditambah lagi dengan banyaknya penjual kopi dan makanan ringan di sekitar pantai. Dengan adanya jalan yang dibuka di pinggir pantai menambah kemudahan masyarakat untuk keluar masuk pantai.


Salah satu yang membuat pantai labuhan haji ini popular di masyarakat adalah sunrises yang begitu indah. Tidak heran pantai ini pada pagi minggu ramai dikunjungi oleh muda-mudi untuk menikmati matahari terbit. Tidak hanya itu masyarakat yang mebawa keluarga juga banyak yang berkunjung ke pantai ini. Matahari terbit bisa dinikmati di sepanjang pantai maupun di dermaga. Namun untuk bisa masuk ke dermaga pengunjung dikenai retribusi dua ribu rupiah untuk masing-masing sepeda motor yang masuk. Di pantai ini kita leluasa menikmati matahari terbit dari ufuk timur sembari menikmati suasana pantai yang indah saat pagi hari. Selain itu juga kita bisa menyaksikan kegiatan nelayan pada pagi hari baik yang menggunakan perahu maupun yang memancing sejak semalaman.



Selain sebagai tempat menikmati matahari terbit, pada sore hari kita juga bisa menikmati suasana pantai labuhan haji yang tenang. Banyak pengunjung yang bersantai menikmati pantai dengan duduk di pasir sambil menimati kopi. Selain itu juga kita bisa menikmati wisata kuliner khas laut yaitu ikan bakar di sentra kuliner yang telah disediakan. Selain bisa menikmati langsung di tempat secara lesehan, pengunjung juga bisa membeli untuk dibawa pulang. Tentu menikmati di tempat akan lebih nikmat dengan sajian sambal tomat dan nasi panas. Sebagai tujuan wisata yang murah meriah, kawasan pantai labuhan haji terus dikembangkan dari segi infrastruktur jalan menuju kawasn sepanjang pantai. Sehingga ini akan berdampak bagi pengembangan kawasan dan peningkatan ekonomi di wilayah Desa labuhan Haji sendiri. Dengan modal garis pantai yang panjang, dermaga yang luas dan pemandangan matahari terbit yang indah, tidak menutup kemungkinan labuhan haji akan menjadi tempat wisata yang makin maju ke depannya. Tinggal kemauan pemerintah untuk mengembangkan dengan konsep yang terarah dan tentunya dijaga kebersihannya sehingga tidak kena penyakit seperti kebanyakan lokasi wisata lainnya, yaitu sampah. SEMOGA.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6           

5 comments to ''MENIKMATI MATAHARI TERBIT DI PANTAI LABUHAN HAJI"

ADD COMMENT
  1. Semoga ya mas...salah satu kekhawatiran saya saat ada objek wisata alam yang baru dibuka adalah kelestarian alamnya. Semoga tetap terjaga dan bebas sampah 😊

    ReplyDelete
  2. SETUJU!!! Maaf ka, suka berapi-api gini kalau udah menyentuh konsep budaya dan sampah.
    Saya suka sakit sendiri. :(

    Termasuk murah loh ya hanya 2000. Di tempat saya 25.000 untuk masuk pantai, perorang -_-
    Bagus kalau pantainya bersih. Ini kotor seperti tak terjaga, entahlah.

    KEren ka, selalu suka dengan tulisan kakak. Sambil cari-cari inspirasi juga ^^


    ReplyDelete
  3. sepertinya pantainya bersih ya. Bisa lihat langit lepas.

    ReplyDelete
  4. Sudah lama tak berwisata ke pantai, membaca tulisan ini jadi adem. Informatif sekali mas. Anyway, jauhkah dari pusat kota?

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini