News Ticker

PENJAGA TOKO JUTEK

By Agus Khairi - Sunday, September 9, 2018 No Comments

Tadi siang saya ke minimarket tempat biasa berbelanja kebutuhan kamar mandi, ATK dan keperluan lainnya. Minimarket yang saya kunjungi ini bisa dibilang ramai pengunjung setiap hari. Setelah parkir motor yang saya bawa, saya bergegas menuju lantai 2 tempat keperluan yang saya inginkan. Karena sering berbelanja ke sini maka saya tidak kesulitan mengetahui di mana barang yang saya perlukan dipajang. Tiba di tempat pajangan saya melihat-lihat barang yang ada. Merasa kurang puas saya bertanya kepada penjaga toko yang kebetulan menghampiri tempat pajangan untuk menaruh barang yang lain.
“Mba, ada jenis yang lain tidak dari barang ini?”
“Hanya yang dipajang saja Pak”. Penjaga too menjawab dengan singkat dengan nada yang jutek menurut saya, kemudian berlalu.
Mendapat respon seperti ini saya jengkel juga, dalam hati saya hanya bisa bergumam “kok gitu banget sih nih penjaga toko:” Dengan perasaan kecewa mendapat jawaban seperti itu saya melanjutkan untuk membongkar barang-barang yang ada. Hasilnya saya dapat juga barang yang saya inginkan. Tanpa berlama-lama saya bergegas ke kasir untuk membayar belanjaan. Kembali di kasir saya dapati respon yang kurang tepat menurut saya. Kali ini bukan kepada saya tapi kepada pelanggan lain. Saya yang sudah mendapat tanggapan kurang baik sebelumnya menjadi terganggu juga dibuat. Melihat kejadian ini di depan mata saya sendiri. Sembari berpikir kenapa seperti ini para penjaga toko ini, saya lalu mebayar belanjaan saya kemudian menuju ke lantai bawah. Kemudian saya titipkan barang yang saya bawa untuk kemudian melanjutkan mencari barang yang saya inginkan. Setelah semua barang yang saya inginkan saya dapatkan kemudian saya bergegas keluar dan pulang.
Pengalaman mendapat tanggapan yang agak kurang menyenangkan dari penjaga toko seperti hari ini tidak kali ini saja saya terima. Beberapa pengalaman sebelumnya saya mendapat tanggapan seperti ini namun kadang saya maklumi, walaupun dalam hati merasa jengkel. Saya mencoba memaklumi dengan alasan mungkin mereka capek atau suasana hati sedang tidak baik. Namun sudah sepatutnyalah seorang penjaga toko bersikap baik terhadap pelanggan. Karena memang sudah menjadi tugasnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan yang datang berbelanja ke toko.
Terkait dengan pelayanan penjaga toko, saya termasuk orang yang tidak begitu senang kalau terlalu dikepoin apalagi dibuntuti oleh penajaga toko. Kasus yang saya ceritakan di atas adalah terkait dengan sikap saja, menjawab seperlunya tidak menjadi masalah bagi saya namun tentunya dengan nada yang baik dan ramah. Yang terpenting adalah bisa memberikan informasi yang cukup untuk pelanggan yang menanyakan tentang barang yang dicari. Saya kadang jadi risih juga kalau pelayan terlalu banyak bicara menawarkan barang dagangannya. Di satu sisi penjaga toko berkewajiban untuk melayani pelanggan dengan baik namun juga harus tetap memperhatikan kenyamanan dan privacy pelanggan yang datang ke toko. Sehingga pelanggan bisa berbelanja dengan hati yang gembira.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6     

Tags:

No Comment to " PENJAGA TOKO JUTEK "

Tinggalkan jejak di sini