News Ticker

PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM DI KAMPUNG SAYA

By Agus Khairi - Monday, September 10, 2018 No Comments

Menjadi sebuah ironi kadang melihat fenomena bahwa tahun baru islam (Hijriah) tidak begitu gegap gempita disambut dan dirayakan seperti tahun baru masehi. Apalagi dilihat dari sisi kalanagn muda-mudi islam, pengalaman di kampung saya sedikit yang tahu waktu pergantian tahun islam. Karena kadang ada yang tidak hafal nama-nama bulan dalam penanggalan islam. Sangat miris memang, karena pengunaan sehari-hari yang digunakan adalah kalender masehi. Tentu saya tidak berpikir kalau perayaan tahun baru islam dirayakan layaknya tahun baru Masehi yang penuh dengan suara terompet dan hiburan di tempat-tempat rekreasi. Apalagi saat detik-detik pergantian tahun yang sangat ditunggu-tunggu. Hitung mundur pun kadang dilakukan dan disambut dengan pesta kembang api. Sangat meriah kesannya.
Beruntung, di kampung Saya, ada seorang tokoh agama sekaligus ketua RT yang selalu mengingatkan pada saat-saat akan pergantian tahun ataupun hari-hari besar islam. Berbeda dengan Maulid Nabi yang selalu kami persiapkan dan rayakan dengan gegap gempita, Tahun baru Islam kami rayakan biasanya dengan Acara Do’a bersama pada saat pergantian tahun dan malah tahun baru. Tentunya tanpa ada perayaan-perayaan untuk menyambut maupun merayakannya dengan acara-acara yang bermanfaat namun menghibur. Pun hari ini demikian adanya, kami isi pergantian tahun dengan acara istigotsah untuk memohon ampunan dan perlindungan kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.
Suasana kali ini tentu sangat berbeda juga dengan adanya musibah gempa yang melanda Lombok yang hamper masuk 2 bulan masih terasa gempa susulan. Jadi sangat tepat kemudian kalau bentuk perayaan kali ini dengan istigotsah. Hal yang membuat berbeda lagi adalah tempat pelaksanaan di musholla sementara yang beberapa hari kemarin dibangun oleh warga. Musholla sementara disiapkan lantaran musholla kami kena dampak dari gempa yang beberapa kali mengguncang Lombok sehingga tidak bisa ditempati. Walaupun dilaksanakan di musholla sementara yang beratapkan terpal dan berdiri di halaman salah seorang warga, pelaksanaan istigitsha sekaligus menyambut tahun baru islam berjalan dengan khusuk dan khidmat. Banyak warga yang mengikuti kegiatan tersebut. Pelaksanaan ini hanya sampai waktu sholat isya saja.
Pergantian tahun baru islam ini tentunya diharapkan bisa menjadi momentum perenungan dan instrospeksi diri terhadap ibadah maupun perbuatan selala setahun yang sudah lewat. Menjadi titik balik dari perbaikan atas amal yang kurang baik untuk ditinggalkan pada tahun ini dan amal yang baik untuk ditingkatkan semakin baik lagi secara kualitas maupun kuantitas. Demikian yang disampaikan oleh Pak Ketua RT selaku pemimpin istigitsah sebelum acara dimulai.
Saya berharap ke depan, perayaan Tahun baru Islam dirayakan dengan meriah tentunya dengan acara yang bernafaskan Islam sehingga syiar agama bisa semakin terlihat. Terutama bagi kalangan generasi muda Islam sehingga lebih mengenal lagi tentang agamanya sendiri. Tidak hanya perayaan semata namun juga arti sesungguhnya dari pergantian tahun isa diaksanakan untuk perbaikan diri pada tahun berjalan. SEMOGA.

#komunitasonedayonepost

#ODOP_6

Tags:

No Comment to " PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM DI KAMPUNG SAYA "

Tinggalkan jejak di sini