News Ticker

PESONA BUKIT PERGASINGAN SEMBALUN

By Agus Khairi - Monday, September 24, 2018 No Comments
Gerbang Masuk Pendakian Bukit Pergasingan

Kurun waktu tiga tahun terakhir pariwisata di Sembalun Lombok terus menggeliat menuju kawasan wisata yang diperhitungkan di Indonesia, bahkan di dunia Internasional. Pada awalnya Sembalun hanya terkenal dengan wisata pendakian Gunung Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi ke-2 di Indonesia. Namun perkembangan terakhir menunjukkan bahwa potensi wisata di Sembalun masih banyak yang belum digali dan dijual. Baik itu pesona lereng dan bukit di sekitar Rinjani maupun bentang alam lainnya.

Jalur Pendakian

Salah satu yang digandrungi sejak dibukanya pada tahun 2015 lalu adalah Bukit Pergasingan. Bukit ini memiliki tinggi sekitar 1600 mdpl, namun bukan menjadi hambatan bagi para penyuka ketinggian. Terletak di Desa Sembalun Lawan, Pergasingan menyajikan pemandangan yang menarik. Kawasan Sembalun yang dikelilingi oleh perbukitan cukup leluasa dipandang dari Pergasingan. Ditambah dengan panorama lereng-lereng bukit yang mampu membuat para pendaki berdecak kagum. Hamparan sawah di Sembalun terlihat seperti petak-petak ubin yang tersusun rapi. Ditambah dengan bangunan-bangunan yang terlihat kecil dari atas dan beberapa menara Masjid yang menjulang menambah elok pemandangan. Sungguh pemandangan yang sanggup memanjakan mata siapa saja yang berhasil menaklukkan jalur yang cukup terjal dengan kemiringan yang beragam.

Camping Area

 Pemandangan dari Camping Area

View Gunung Runjani

Di atas bukit Pergasingan tersedia camping area yang cukup luas. Berupa tanah lapang yang agak miring, kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Selain itu terdapat kawasan hutan cemara di bagian puncak bukit yang cukup rapat. Pada ujung bukit terdapat tanah lapang yang tidak begitu luas namun cukup untuk menikmati pesona matahari terbit. Sehingga berkemah di bukit Pergasingan bisa dibilang paket lengkap untuk berwisata di akhir pekan. Dengan waktu tempuh sekitar dua setengah jam dari pintu pendakian, kita bisa mengatur waktu yang tepat agar bisa bermalam di atas. Bahkan bagi yang tidak mau menginap, pengunjung bisa melakukan perjalanan pada dini hari untuk menikmati pesona matahari terbit, kemudian menikmati pemandangan kawasan Sembaluan sebelum turun. Namun melihat jalur pendakian akan lebih baik jika menginap di atas dengan memulai pendakian pada sore hari.
Sunrises Spot
Bagi saya waktu terbaik menikmati pemandangan adalah waktu matahari terbit. Pada ujung kiri bukit Pergasingan kita bisa menikmati matahari yang terbit dari balik bukit. Sekaligus bisa kita lihat Gili (baca: pulau kecil) yang ada di bagian timur Lombok Timur. Sangat mempesona bagi saya yang sangat suka dengan pemandangan Matahari terbit. Sekaligus bisa melihat pemandangan Sembalun dari atas yang berupa petak-petak sawah dan perkampungan. Bukit pergasingan ini memang cocok untuk bermalam di akhir pekan bagi para penikmat ketinggian. Setelah Sembalun pulih pasca gempa ingin rasanya berkunjung lagi menikmati Matahari terbit dan landscape Sembalun yang mempesona. SEMOGA.  
Sunrises Spot
#TantanganODOP3
#onedayonepost
#odopbatch6
#nonfiksi

No Comment to " PESONA BUKIT PERGASINGAN SEMBALUN "

Tinggalkan jejak di sini