News Ticker

“UPAYA BELAJAR MENULIS”

By Agus Khairi - Monday, September 3, 2018 2 Comments

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”. ___Pramoedya Ananta Toer__

Kalimat di atas sering diungkapkan dan disampaikan oleh banyak orang untuk menggambarkan bagaimana pentingnya menulis. Kalimat tersebut sering dijadikan quote untuk menggugah agar seseorang mau dan rajin menulis. Quote terbukti ampuh bagi saya pribadi karena membuat saya tergerak untuk bisa menulis. Betapa tidak, quote itu terbukti dengan jelas bahwa seorang penulis akan tetap dikenal melampaui jamannya, walaupun dia telah meninggal dunia. Karena nama dan karya mereka dalam bentuk tulisan akan tetap diingat seiring dengan dibacanya karya tersebut oleh orang-orang pada masa yang akan datang.
Kata-kata dari pengarang besar Pramoedya Ananta Toer bukanlah pemantik tunggal dalam menumbuhkan minat menulis saya. Sekelumit tentang keinginan dan pengalaman saya mulai menulis sudah saya ceritakan sebelumnya dalam dalam sebuah coretan yang berjudul ‘Pengalaman Pertama itu Candu”. Mulai dari keharusan untuk menulis tugas kuliah saat menempuh kuliah magister di UNESA sampai kakaguman terhadap dosen yang seorang penulis besar juga yaitu Budi Darma, menjadi dorongan kuat bagi saya untuk mulai berlatih menulis. Oleh karenanya mulailah saya melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan.

Beberapa upaya yang saya lakukan dalam belajar dan memulai menulis adalah, yang pertama, mengikuti pelatihan menulis. Ini saya lakukan di sela-sela waktu kuliah sejak 2016, dengan menghadiri banyak pelatihan menulis di kampus saya mendapat banyak motivasi dan kiat bagaimana memulai menulis. Kedua, mengikuti kegiatan bedah buku, karena melalui kegiatan ini saya bisa mendapat informasi tentang proses kreatif seorang penulis. Ketiga, membaca buku-buku referensi tentang kepenulisan. Tentunya ini juga sangat membantu untuk mengetahui bagaimana seseorang menulis. Keempat, membuat media untuk menyimpan tulisan, tidak sekedar di perangkat computer, tetapi juga media yang bisa dilihat oleh orang lain. Sebuah blog pribadi pun saya buat untuk menamping tulisan-tulisan yang dihasilkan. Selanjutnya adalah, sering mengikuti kegiatan kepenulisan, seperti proyek penulisan antologi di komunitas dan dengan tema tertentu. Saat ini saya sedang mengikuti sebuah kegiatan kepenulisan di komunitas One Day One Post (ODOP), di samping untuk berlatih bagaiman menulis juga berlatih untuk membiasakan diri menulis agar konsistensi tetap terjaga.


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

2 comments to ''“UPAYA BELAJAR MENULIS”"

ADD COMMENT
  1. Tulisannya bagus mas Agus, semoga semua penduduk Natuna bisa lulus ODOP bareng ya 😊

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini