News Ticker

BERKARIR MELALUI BIDANG KREATIF

By Agus Khairi - Wednesday, October 24, 2018 1 Comment

Tidak bisa ditampik dalam masa sekarang ini bahwa dunia kerja membutuhkan kualifikasi akademik yang didapat dari bangku kuliah. Sehingga dorongan anak muda untuk mengenyam pendidikan tinggi adalah sebagai bekal untuk mencari kerja. Lapangan kerja yang disasar adalah yang berada di berbagai macam instansi milik pemerintah maupun swasta. Salah satu pekerjaan yang masih menjadi favorit masyarakat adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baru-baru ini dibuka dan marak diserbu oleh para sarjana. Ribuan lulusan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia bersaing untuk mengisi formasi yang sesuai dengan kualifikasi akademik mereka. Bisa dipastikan satu formasi akan diperebutkan oleh ratusan bahkan ribuan pelamar, karena jumlah yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dari yang mengincar posisi tersebut.
Melihat fenomena di atas maka bisa dipastikan akan banyak yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan jika hanya mengejar PNS saja. Maka tidak jarang kemudian yang berpindah ke instansi swasta yang membutuhkan tenaga dan kualifikasi sarjana dengan semua jurusan. Namun ini tentu tidak bisa menampung banyak tenaga kerja mengingat angkatan kerja yang begitu banyak. Dalam kondisi ini maka langkah yang banyak dilakukan adalah mengembangkan kreatifitas sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Kreatifitas yang dimiliki dikembangkan menjadi usaha yang menghasilkan bahkan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dan tidak sedikit yang berhasil membuka usaha sendiri berdasarkan kreatifitas dan bakat yang dimiliki yang terkadang sangat jauh berbeda dengan kualifikasi akademik yang didapatkan di bangku kuliah.
Usaha yang berdasarkan kreatifitas sedang menjadi tren di era industri 4.0 ini yang membutuhkan kreatifitas tinggi serta dukungan digital dan juga otomasi. Dengan demikian maka kreatifitas yang ada tentunya butuh keahlian tambahan untuk mewujudkannya menjadi bisnis yang menghasilkan. Salah satu keahlian tambahan yang dibutuhkan adalah dalam bidang komputer, baik itu Design Grafis maupun Design Web. Keahlian tambahan ini bisa kita dapatkan dengan mengikuti kursus komputer di Lembaga Kursus. Salah satu tempat kursus komputer di Medan adalah Sanger Learning, dengan tiga jenis kelas yang ada akan memberikan kemudahan untuk mengikuti kursus yang diinginkan. Tiga jenis kelas yang dibuka di Sanger Learning adalah Intensive Class, Regular Class, dan Private Class. Peserta bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri untuk mengikuti salah satu jenis kelas yang ada.
Pada era Revolusi Industri 4.0 bisa dikatakan kreatifitas berbasis digital dan jaringan sangat dibutuhkan untuk dapat bersaing. Hal inilah kenapa pemerintah membentuk Badan Ekonomi Kretaif untuk memberikan pembinaan bagi kaum milenial yang berkiprah di bisnis dengan dasar bakat dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga diharapkan tidak hanya bergantung pada instansi pemerintah dengan menjadi PNS maupun menjadi karyawan di instansi swasta. Namun juga diharapkan agar mampu menciptakan peluang usaha sendiri dengan kreatifitas dan bakat yang dimiliki dan dilengkapi dengan kemampuan di bidang digital dan jaringan internet.  

#TantanganODOP6
            #onedayonepost
#odopbatch6

#nonfiksi

1 comment to ''BERKARIR MELALUI BIDANG KREATIF"

ADD COMMENT
  1. Kalo saya melalui bidang penulisan karena saya seorang blogger, asik banget pokonya jika hobi kita di bayar

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini