News Ticker

BERTAHAN DI ERA INDUSTRI 4.0

By Agus Khairi - Sunday, October 21, 2018 4 Comments
sumber: https://www.aquare.la

Dua hari yang lalu saya menonton sebuah talk show di sebuah TV Swasta Nasional yang membahas tentang Industri 4.0 dan peluang ekonomi kreatif di Indonesia. Nara sumber pada acara tesebut adalah Menteri Komunikasi dan Informatika RI dan salah satu pakar dalam bidang yang dibahas ini. Walaupun saya mengikuti pada akhir-akhir diskusi namun saya bisa menangkap beberapa hal yang membuat saya tertarik dengan isi perbincangan ini karena berkaitan dengan digital. Tentu ini bisa saya kaitkan dengan literasi digital yang sangat penting perannya pada era sekarang ini dan masa yang akan datang. Apalagi ini kaitannya dengan industri 4.0 yang disebut-sebut sebagai industri yang berbasis digital.
Revolusi Indsutri 4.0 sendiri menurut Wikipedia diartikan sebagai tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologo pabrik. Cakupannya adalah system siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Secara sederhana industri 4.0 ini memungkinkan segala aktifitas ini dilakukan dengan system digital dan dalam jaringan. Sehingga menuntut kecakapan dalam menggunakan perangkat teknologi digital yang tersambung jaringan internet secara terus menerus. Bisa dibayangkan seperti apa pekerjaannya dan jenis tenaga kerja yang dibutuhkan dalam kegiatan industri ini. Literasi digital mutlak diperlukan bagi generasi sekarang maupun yang akan datang dalam menjalani kehidupan pada masa Industri 4.0 ini.
Selain literasi digital ada hal lain yang diungkapakan oleh nara sumber pada acara talk show tersebut dan membuat saya sangat tertarik dan membenarkan apa yang disampaikan tersebut. Walaupun Revolusi Industri 4.0 ini akan berbasis pada digital dan otomasi, namun ada beberapa hal yang masih membutuhkan human touch (baca: sentuhan manusia). Di antaranya adalah pertanian dan perkebunan yang masih membutuhkan tanah maupun media lain. Adapun keterlibatan mesin sangat memungkinkan akan lebih besar namun tetap dibutuhkan sentuhan maupun pemikiran manusia. Maka dalam hal ini kemampuan yang sangat dibutuhkan adalah critical thinking (baca: berpikir kritis). Dengan kemampuan berpikir kritis ini maka akan dapat ditemukan permasalahan yang ada dan bagaimana menyelesaikannya ke depan. Maka salah satu kemampuan yang termasuk dalam berpikir kritis yaitu problem solving yang akan sangat berguna pada era Indsutri 4.0 ini.
Kalau dikaitkan dengan kurikulum pendidikan yang ada sekarang yang mengakomodir kemampuan siswa dalam bidang High Order Thinking Skill (HOTS) maka bisa dikatakan kita sudah pada jalur yang tepat. Tinggal bagaimana pelaksanaan di lapangan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan di dari perencanaan. Dengan demikian maka kita berharap generasi milenial sebagai tonggak pelaksana siap dengan berlakunya industri 4.0 pada masa sekarang maupun yang akan datang.

#komunitasonedayonepost

#ODOP_6                

Tags:

4 comments to ''BERTAHAN DI ERA INDUSTRI 4.0"

ADD COMMENT
  1. Setuju sekali dengan tulisan mas Agus. Sekarang saatnya memang mempersiapkan generasi yang mampu beradaptasi dengan era digital dengan tepat guna. Saya juga pernah nulis hal yg sama dalam kegiatan selisik di Bandung. Manarik memang tema ini. Makasih mas tulisannya singkat dan padat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah mampir, nanti bisa diperluas lagi tulisannya dengan refrensi yg lebih banyak 😊

      Delete
  2. Pembahasan tentang literasi digital nya dituunggu Mas. Informatif dan renyah nih topiknya. Thx for sharing

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini