News Ticker

JARINGAN SOSIAL DAN KERJA RELAWAN

By Agus Khairi - Thursday, October 4, 2018 4 Comments

Melihat banyaknya titik kerja relawan di wilayah terdampak gempa di Lombok tentunya tidak mungkin tanpa ada hubungan dengan pihak-pihak di luar Lombok. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa keberadaan relawan yang ada di Lombok adalah sebagai penyalur bantuan yang datang dari luar. Kadang juga relawan dari luar datang langsung untuk ikut ambil bagian dalam penanganan tanggap darurat di Lombok.
Begitu banyak pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung tentunya bukan sebuah kebetulan semata. Apalagi banyak yang pasca tanggap darurat pun masih terus berkegiatan membantu korban. Setelah memperhatikan beberapa akun media sosial para relawan kemanusiaan yang ada di Lombok, khususnya yang saya kenal langsung, saya bias menyimpulkan bahwa ada satu hal penting yang bisa membuat bantuan ini secara massif masuk ke Lombok. Kekuatan jaringan para relawan lokal ini yang bekerja secara otomatis sehingga pergerakan relawan maupun bantuan begitu deras mengalir ke Lombok.
Tidak bisa dinafikan kekuatan jaringan pertemanan, perkawanan, maupun hobi ini menjadi kekuatan yang begitu dahsyat sehingga semua bias bergerak membantu. Seperti pengertiannya bahwa jaringan yang relawan punyai ini adalah sebuah jaringan sosial. jaringan sosial merupakan hubungan-hubungan yang tercipta anatar banyak individu maupun kelompok dengan kelompok yang di dalamnya ada kerjasama berdasarkan kesamaan kegiatan, ide dan hobi serta yang lainnya. Berdasar adri banyak kesamaan itulah para relawan yang ada di Lombok menggunakan jaringannya untuk menggalang bantuan.
Setidaknya ada tiga jaringan yang bisa saya amati dari dekat. Yang pertama adalah jaringan pecinta alam, jaringan komunitas mahasiswa dan jaringan taman baca. Ketiganya ini pada awal-awal bergerak untuk pemenuhan logistic dan shelter lalu berkembang ke trauma healing dan fasilitas pendidikan dan ibadah. Untuk fasilitas pendidikan ada yang membantu pembangunan sekolah sementara dan proses belajarnya. Ada juga yang membantu untuk sekolah alternative. Untuk Taman Baca ini sungguh luar biasa karena akan dibangun satu bangunan sebagai taman baca yang kebetulan rusak, ini dibangun oleh Klub Baca yang sangat berkembang dan maju di Lombok Utara. Jaringan Taman Bacaan Masyarakat yang bergerak di bidang literasi ini sangat kuat sehingga mampu menggalang bantuan yang terbilang besar untuk masyarakat Lombok Utara.
Dari sekian banyak aktifitas relawan yang ada di lokasi bencana gempa Lombok dapat disimpulkan bahwa kekuatan jaringan sosial yang sudah terjalin lama sangat besar manfaatnya. Baik untuk komunitas secara terbatas maupun bagi para penyintas di lokasi bencana secara luas. Semoga jaringan sosial yang kuat ini, yang tanpa memandang SARA ini, bisa terus terjalin dengan baik di NKRI tercinta sebagai modal pembangunan pada masa sekarang dan masa depan.     

#komunitasonedayonepost

#ODOP_6   

Tags:

4 comments to ''JARINGAN SOSIAL DAN KERJA RELAWAN"

ADD COMMENT
  1. Semoga Lombok bisa kembali pulih seperti sedia kala atau bahkan lebih baik 😊

    ReplyDelete
  2. Jaringan sosial kalau digunakan dengan bijak ada sejuta kebermanfaatan ya :’

    Aneh juga yang menyalakan jaringan sosial berdampak buruk, padahal sangat tergantung user.

    ReplyDelete
  3. Adem deh baca yang bginian. Dan ini juga masukan bagi kita semua untuk menguatkan kembali jaringan, komunitas, dan silaturahmi bukankah ketiganya berkaitan erat ya hehehehe

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini