News Ticker

KAJIAN LITERASI BARU

By Agus Khairi - Monday, October 8, 2018 4 Comments

Sebagai sebuah kompetensi, literasi menjadi perhatian bagi para ahli sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat. Sehingga literasi mulai diperluas pengertiannya tidak terbatas hanya pada kemampuan membaca dan menulis saja. Cakupan literasi juga digabungkan dengan kemampuan mendengarkan dan berbicara. Pada perkembangan terkini pengertian literasi diperluas menjadi kemampuan yang dihubungkan dengan tujuan praktis tertentu. Sehingga beberapa istilah digunakan seperti literasi digital untuk kemampuan akses gadget dan dunia digital, literasi sains, literasi financial yang terkait dengan keuangan serta beberapa istilah lainnya. Kesemuanya ini menunjukkan bahwa literasi tidak hanya tentang membaca dan menulis.  
Perluasan pengertian literasi dikemukakan oleh The New Literacy Studies (NLS) yang mana literasi dipandang sebagai praktik sosial, yaitu bagaimana literasi digunakan dan apa yang orang lakukan dengan literasi dalam kehidupan sehari-hari (Pahl & Rowsell, 2005:9). Dari pandangan ini memberikan pemahaman bahwa literasi terhubung dengan hal-hal lain dalam kehidupan sosial manusia. Sehingga apa yang didapatkan dari kegiatan literasi, membaca misalnya, dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua hal pokok yang perlu difahami mengacu kepada literasi sebagai praktik osial. Dua hal pokok tersebut dalah literacy events and literacy practice. Literacy events bisa diartikan sebagai peristiwa literasi yaitu kegiatan menyusun atau membaca teks. Peristiwa literasi juga dapat dimaknai sebagai peristiwa/kejadian-yang dapat diamati- yang di dalamnya terlahir produk tertulis (Dewayani & Retnaningdyah: 2017). Pada saat itu juga maka secara langsung sudah terjadi praktik literasi yang melingkupi kegiatan literasi tersebut. Misalnya pada saat praktik menulis surat atau membacakan cerita kepada orang lain. Selanjutnya, praktik literasi menurut Hamilton dan Barton (2000), praktik literasi tidak hanya mencakup peristiwa yang bisa dilihat tersebut, namun juga nilai-nilai dan perilaku dari orang-orang yang terlihat dalam praktik literasi tersebut.
Contoh sederhana untuk dapat memahami literasi sebagai praktik sosial bisa dengan ilustrasi berikut ini. Ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh maka kita bisa menggunakan surat. Menyusun kalimat demi kalimat dalam surat itu disebut dengan peristiwa literasi sedangkan membentuk satu kesatuan utuh menjadi sebuah bentuk surat itu dikatakan sebagai praktik literasi. Kemudian surat yang sudah jadi kita kirim melalui layanan yang tersedia misalnya pos maka kegiatan berkirim surat ini disebut dengan praktik sosial. mengapa disebut sebagai praktik sosial karena ini adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka hubungan sosial yaitu berkomunikasi.
#komunitasonedayonepost

#ODOP_6

4 comments to ''KAJIAN LITERASI BARU"

ADD COMMENT
  1. Aku baru tahu lho kalau ternyata istilah literasi punya arti yang luas. Terima kasih sharingnya 😊

    ReplyDelete
  2. Sama-sama semuanya, terima kasih sudah berkunjung. Semoga nanti bisa posting bagian-bagian lain tentang Kajian Literasi Baru 😊

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini