News Ticker

KEKUATAN SEBUAH TULISAN: PLEDOI BUNG KARNO

By Agus Khairi - Tuesday, October 30, 2018 No Comments
sumber: mugiwara

Tidak berlebihan kiranya kala mengatakan tulisan mempunyai kekuatan yang dahsyat dan menimbulkan dampak yang luar biasa. Dampak dimaksud utamanya kepada pembaca kemudian menjalar kemasyarakat luas. Dari sebuah tulisan mampu diciptakan perubahan pada lingkungan sekitar bahkan sebuah negara pun akan mampu dirubah dimulai dengan tulisan. Dalam berbagai perubahan di banyak negara tidak terlepas dari dampak tulisan.
Melihat bagaimana kekuatan pada tulisan memberikan dampak terhadap perubahan bisa kita telaah dua contoh dari tulisan tokoh yang berbeda latar belakang dan jaman yaitu Soekarno dan Wiji Thukul. Soekarno adalah seorang orator ulung yang pernah dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang tentunya sudah terkenal seantero Indonesia Raya. Walaupun Bung Karno, dikenal dengan pidato-pidatonya yang menggemparkan, namun tidak sedikit pidato tersebut ditulis dalam bentuk konsep pidato yang kemudian dibacakan. Yang kedua adalah seorang penyair yang akhir-akhir ini terkenal kembali lantaran kisahnya dibuat dalam bentuk film yang berjudul “Istirahatlah kata-kata”. Keduanya mempunyai latar belakang keahlian dan karya yang berbeda namun mempunyai satu kesamaan dalam mempengaruhi orang lain melalui kekuatan tulisan.
Tulisan Bung Karno yang sangat menggemparkan itua dalah pledoi (pembelaan) yang dibacakan pada persidangan di Landraad, Bandug padatahun 1930. Pledoi yang sangat terkenal tersebut diberi judul “Indonesia Menggugat”. Dalam tulisan ini Bung Karno menyampaikan sidang yang bertujuan untuk membungkam gerakan rakyat yang mulai tumbuh untuk menentang kolonialisme Belanda pada saat itu. Kemudian dalam tulisan ini juga disampaikan tentang Kapitalsme dan Imperialisame yang menjadi penyebab dijajahnya Indonesia pada jaman itu.
Dalam tulisan yang dibacakan pada pidato pembelaan itu, Bung Karno melancarkan kritik pedas terhadap pemerintahan Kolonial Belanda kala itu. Kritik pedas Soekarno ditujukan terhadap ketimpangan yang diakibatkan oleh kolonialsme yang berlangsung di Bumi Nusantara. Tidak semata melakukan pembelaan atas dirinya pada sidang tersebut, tetapi juga membela masyarakat yang tersebar di nusantara yang terkena dampak kekejaman kolonialis Belanda. Tidak hanya menggugat Belanda, namun juga lewat pledoi tersebut Soekarno menggugat dunia internasional yang didominasi oleh imperialisme (penjajahan gaya baru). Oleh karena itulah tulisan pledoi tersebut begitu fenomenal dan mendunia.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6          

Tags:

No Comment to " KEKUATAN SEBUAH TULISAN: PLEDOI BUNG KARNO "

Tinggalkan jejak di sini