News Ticker

MENGUNJUNGI MASA DEPAN ALA BANG ZUL

By Agus Khairi - Friday, October 26, 2018 No Comments

Ada kalimat menarik yang membuat saya tertegun dan membenarkan saat membaca berita di Kanal Humas Pemerintah Provinsi NTB hari ini Kamis tanggal 25 Oktober 2018. Kalimat itu adalah kutipan dari penyampaian Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB yang baru sebulan dilantik, pada acara diskusi public di Gedung Nusantara 1 Kompleks Gedung DPR RI Jakarta Pusat. Pada kesempatan itu, seperti disampaikan di berita tesebut bahwa para pemuda Indonesia harus terus mengembangkan diri, agar mampu mendesain masa depan bangsa Indonesia. Menurutnya, untuk bisa mendesain masa depan tersebut maka pemuda Indonesia harus mengunjungi masa depan terlebih dahulu.
Frasa “mengunjungi masa depan terlebih dahulu” langsung melambungkan angan saya dengan cerita-cerita film yang pernah saya tonton. Film tersebut banyak memuat cerita tentang tokoh yang bisa menembus masa depan dengan mesin waktu. Maka demikianlah pemikiran yang terlintas sesaat ketika membaca frasa tersebut. Namun setelah melanjutkan membaca tulisan tersebut maka imajinasi saya berubah menjadi kekaguman dengan pemikiran tersebut. Semakin tertegun dengan dan seklai lagi membenarkan gagasan yang disampaikan. Bang Zul melanjutkan dengan kalimat seperti ini, “Cara mengunjungi masa depan adalah dengan merasakan hidup di negara-negara maju. Di Barat seperti di Eropa, Belanda”. Ya memang benar, demikianlah cara yang tepat untuk mengunjungi masa depan, datang ke negara-negara maju lewat belajar maupun studi banding di sana. Hal ini sejalan dengan program yang akan dijalankan oleh Gubernur ini untuk Pemuda NTB, 1000 mahasiswa tiap tahun akan dikirim ke luar negeri akan menjadi langkah yang sangat tepat untuk mengunjungi masa depan terlebih dahulu demi NTB.
Meniba ilmu di luar negeri memang sudah bukan menjadi hal baru bagi anak bangsa di negeri ini. Sejak zaman sebelum merdeka tidak sedikit pemuda di Negeri ini yang belajar di luar negeri. Pun setelah kemerdekaan banyak pemuda yang dikirm ke luar negeri untuk belajar mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kebutuhan untuk membangun sebuah negeri. Sebut saja yang paling termasyhur saat itu adalah BJ Habibie yang kisahnya sampai dibuat film layar lebar. Sampai sekarang pun kegiatan mengirim mahasiswa belajar ke luar negeri ini masih berlanjut, melalui beasiswa pendidikan oleh Lembaga Pengelola Penddikan (LPDP) pemerintah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa yang ingin dan mampu belajar ke luar negeri. LPDP memang menjadi pilihan utama dan popular saat ini, namun tidak sedikit yang menerima beasiswa dari lembaga maupun pemerintah luar. Tentunya kesemuanya ini menjadi program yang sangat baik untuk menyiapkan generasi yang akan mempersiapkan dan menjalani masa depan Indonesia. Menjadi sangat baik lagi bagi Nusa Tenggara barat, sebuah provinsi yang belum tergolong daerah maju, ketika pemerintahnya berkeinginan kuat untuk mengirim pemuda dan mahasiswanya untuk belajar ke luar negeri. Tentunya ini sesuai dengan keinginan awal bahwa peemrintah ingin memberikan kesempatan kepada Pemuda dan Mahasiswa NTB untuk mengunjungi masa depan agar bisa menyiapkan dan merancang seperti apa masa depan Nusa Tenggara Barat yaitu NTB Gemilang.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

No Comment to " MENGUNJUNGI MASA DEPAN ALA BANG ZUL "

Tinggalkan jejak di sini