News Ticker

MUSRENBANG RKPDES, MASBAGIK TIMUR FOKUS DI PEMBERDAYAAN

By Agus Khairi - Wednesday, October 17, 2018 No Comments

Pada hari selasa, 16 Oktober 2018 bertempat di aula kantor desa Masbagik Timur diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) dengan agenda pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2019. Musyawarah ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait baik dari kecamatan maupun dari desa Masbagik Timur sendiri. Hadir pada acara ini yaitu Camat Masbagik, Tim Pendamping Desa, BPD, LKMD, Kepala Dusun dan perwakilan warga dan kelompok perempuan.
Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Masbagik Timur, Marunah, yang mengemukakan pandangan-pandangan terhadap visi ke depan pembangunan desa yang Ia pimpin. Dalam sambutannya Kepala Desa menekankan disiplin dan partisipasi semua unsur dalam memberikan masukan terhadap rencana pembangunan desa. Dengan menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat, Kepala Desa ingin dana desa yang begitu besar tidak hanya untuk pembangunan fisik berupa rabat dan talut saja namun juga untuk pembangunan manusia. Hal senada dilontarkan oleh Camat MasbagiK bahwa pentingnya membangun pola pikir masyarakat dan pembuat kebijakan bahwa pembangunan manusia jauh lebih penting dilakukan untuk investasi jangka panjang.


Ditemui setelah pembukaan acara, kepala Desa Masbagik Timur menjelaskan apa yang telah disampaikannya pada saat memberikan sambutan pada acara musrenbangdes. “Pembangunan yang akan kita fokuskan di Masbagik Timur adalah pembangunan non fisik, kita ingin masyarakat bisa berdaya sehingga bisa mandiri ke depannya. Tidak lagi bergantung kepada dana pemerintah dan bantuan saja”. Lanjutnya, “selain itu juga perlu dibangun kemandirian usaha desa untuk menopang pembanguan ke depan”. Ditambahkan oleh Kepala Desa, “dengan menjadi mandiri, ke depannya desa kita tidak lagi bergantung dengan dana dari pemerintah pusat, bila perlu kita tolak bantuan yang ada kalau kita sudah mandiri.”


Ditemui secara terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Salman membenarkan apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Masbagik Timur. “Memang betul, sudah saatnya pembangunan kita arahkan kepada pemberdayaan dan investasi jangka panjang. “Sudah saatnya pembangunan manusia menjadi fokus untuk pembangunan di Desa kita ini”, imbuhnya.   
Kegiatan musrenbangdes Masbagik Timur berakhir pada siang hari dengan menelurkan beberapa keputusan seprti yang diharapakan oleh Kepala Desa dan banyak lalangan bahwa pembangunan tahun 2019 nanti akan dititikberatkan pada pemberdayaan dan kemandirian usaha melalui BUMDes. Selalin itu juga kegiatan pemberdayaan pemuda melalui Karang Taruna dan POKDARWIS juga mendapat perhatian yang besar pada tahun 2019 nanti. Sehingga diharapkan apa yang menjadi cita-cita Kepala Desa yang tertuang dalam visi dan misinya bisa terwujud pada masa pemerintahannya.  

#TantanganODOP6
#onedayonepost
#odopbatch6

#nonfiksi       

No Comment to " MUSRENBANG RKPDES, MASBAGIK TIMUR FOKUS DI PEMBERDAYAAN "

Tinggalkan jejak di sini