News Ticker

SUKARELAWAN UNTUK LOMBOK BANGKIT

By Agus Khairi - Monday, October 1, 2018 4 Comments
diambil dari http://kedermawanansosial.com

Pasca gempa Lombok yang terjadi dua bulan yang lalu, banyak orang yang jiwanya terpanggil untuk turun tangan membantu. Baik itu berasal dari Lombok sendiri maupun daerah-daerah lain di wilayah Indonesia. Orang-orang ini lazim disebut relawan, bentuk bakunya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring adalah sukarelawan. Dalam KBBI sukarelawan berarti orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan). Mereka bahkan dengan biaya sendiri ikut membantu korban gempa Lombok dengan menyalurkan bantuan yang mereka kumpulkan dari kelompok maupun perorangan di wilayah masing-masing ataupun dari wilayah lain. Di tempat pengungsian mereka banyak membantu korban yang luka-luka dan membutuhkan pertolongan lainnya.
Keberadaan sukarelawan ini tentunya sangat membantu petugas yang diterjunkan oleh pemerintah di daerah bencana. Selain tinggal di daerah bencana membantu petugas dan korban, ada beberapa hal pokok yang menjadi kegiatan dari sukarelawan ini. Pertama adalah menyalurkan bantuan yang berasal dari luar daerah bencana yang terkumpul oleh kelompok masyarakat maupun perorangan. Secara langsung sukarelawan ini menyalurkan bantuan yang datang maupun mereka bawa sendiri kepada para korban. Tidak jarang bantuan oleh sukarelwan ini lebih cepat menjangkau daerah yang tertutup yang belum bisa dijangkau oleh petugas yang berwenang. Selanjutnya yang Kedua yang dilakukan oleh sukarelawan adalah memberikan bantuan pemulihan kejiwaan terutama untuk anak-anak dengan melakukan kegiatan-kegiatan permainan yang sifatnya menghibur dan juga mendidik. Sehingga para sukarelawan ini dituntut banyak kemampuan baik untuk pertolongan fisik maupun kejiwaan. Dengand emikian keberadaan sukarelawan ini sangat penting dalam keadaan bencana.
Pada saat tanggap bencana gempa Lombok, banyak teman-teman saya yang terjun ke daerah bencana sebagai sukarelawan. Mereka secara aktif terus memberikan bantuan yang mereka kumpulkan dari jaringan yang berada di luar Lombok. Tidak jarang ada yang punya jaringan di luar negeri, sehingga doansi yang dikumpulkan dari luar pun masuk ke Lombok melalui para sukarelawan ini. Sukarelawan ini ada yang bergerak secara individu maupun membawa nama komunitas atau kelompok mereka. Ada yang fokus untuk membantu pemulihan tempat ibadah dan sekolah, ada juga yang ikut membantu untuk pembuatan hunian sementara bagi warga yang rumahnya rusak parah. Tempat-tempat ibadah sementara pun banyak berdiri atas bantuan para sukarelawan di lapangan. Tidak sedikit juga sekolah sementara berdiri oleh keringanan tangan mereka. Bahkan mereka langsung membantu untuk menadi tenaga pengajar sementara dengan mendirikan sekolah alternative selama masa pemulihan di daerah bencana.
Semua yang dilakukan oleh para sukarelawan ini tentunya sangat membantu masyarakat yang terkena bencana. Walaupun jangkauan dari bantuan mereka tidak seluas jangkauan petugas dari pemerintah namun sangat berarti bagi pemulihan pasca bencana. Sekecil apapun yang diperbuat oleh para sukarelawan tentunya sangat berarti untuk menuju Lombok Bangkit. BRAVO.

#TantanganODOP4
#onedayonepost
#odopbatch6
#nonfiksi

Tags:

4 comments to ''SUKARELAWAN UNTUK LOMBOK BANGKIT"

ADD COMMENT
  1. Ingin banget membantu, biasanya banyak yang mengalami ptsd, terutama anak
    Tapi sayang, ada tanggung jawab yang saya emban disini

    Hanya bisa bantu doa dan share. Semoga lombok bangkit dan menjdi semakin indah :)

    ReplyDelete
  2. Semangat tmn2... mdh2an semuanya dlm keadaan baik.

    ReplyDelete
  3. Nice post kak. Dengan keadaan negara kita yang rawan bencana betapa keberadaan para sukarelawan ini sangat diperlukan dan perlu ditularkan semangat-semangat luar biasanya.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini