News Ticker

Belajar Jurus 5W 1H

By Agus Khairi - Monday, November 5, 2018 No Comments

Pada kesempatan kali kedua bertemu dengan penulis kenamaan Gol A Gong di Surabaya, saya mendapat banyak ilmu dari diskusi singkat namun padat. Acara yang dihelat oleh Good Reads Surabaya ini memberikan waktu sekitar dua jam, untuk berbincang dengan penulis terkenal ini. Pada kesempatan ini kami, para peserta, sebagian besar menggali proses kreatif dari penulis yang sudah banyak melahirkan penulis-penulis dari kelas menulisnya di Rumah Dunia. Diakuinya salah satu jurus yang paling pertama diajarkan kepada pemula adalah jurus 5W+1H, yang ia sebut juga dengan tehnik jurnalistik. Bagaimana tehnik ini menjadi jurus ampuh dalam memulai menulis, tepatnya bagi pemula seperti saya, akan coba saya terangkan sesuai dengan penerapannya saat saya berlatih menulis.
Tentunya kita sudah pasti tau bahwa 5W+1H mengacu kepada kata tanya dalam Bahasa Inggris What, When, Where, Who, Why, dan How. Dengan kata tanya ini bisa dikembangkan untuk menggali bahan tulisan yang akan dibuat. Apa yang akan kita jadikan tulisan bisa dikembangkan dengan membuat enam pertanyaan menggunakan kata tanya tersebut. Baik secara garis besar untuk keseluruhan bahan tulisan maupun untuk menyusun paragraf demi paragraph dalam tulisan. Dalam tulisan berbentuk fiksi maupun non fiksi, kecuali puisi mungkin, jurus ini saya rasa sangat ampuh.
Dengan kata tanya What, bisa didapatkan bahan tulisan berupa benda maupun kejadian. Misalnya, saat melihat sesuatu kita bisa membuat pertanyaan, apa ini? Apa yang terjadi? Dengan menjawab pertanyaan ini, bahan awal untuk tulisan sudah bisa didapatkan. Bisa juga ini dijadikan topik untuk dikembangkan menjadi ide keseluruhan dalam tulisan.
When mengacu kepada keterangan waktu terjadinya sebuah kejadian. Kalau dihubungkan dengan pertanyaan sebelumnya akan bisa memberikan penjelasan lanjutan tentang kejadian suatu peristiwa. Keterangan waktu ini bisa dalam bentuk lampau, sedang maupun akan. Tergantung dari apa yang diangkat menjadi ide dalam tulisan. Bisa juga keterangan waktu itu dalam bentuk campuran, terutama dalam pembuatan naskah fiksi, disebut alur campuran, maju dan mundur. Maksudnya, alur diceritakan dengan mencampur waktu sekarang, lampau atau yang akan datang.
Kemudian pertanyaan yang tentunya bisa dikembangkan dalam tulisan adalah, Where. Pertanyaan yang mengacu pada keterangan tempat ini tentu bisa menjelaskan atau memberikan keterangan tempat untuk objek yang menjadi topik tulisan. Tempat ini bisa digambarkan secara abstrak atau tidak nyata. Tetapi juga bisa digambarkan sesuai dengan keadaan suatu tempat. Sekali lagi ini tergantung jenis tulisan yang dibuat, apakah fiksi atau non fiksi.  
Pertanyaan Who mengacu kepada orang. Siapa? Dengan siapa? Kita bisa sebutkan orang yang ada dalam tulisan. Kalau fiksi tentunya nama-nama tokohnya. Apakah tokoh baik (protagonist) ataukan tokoh jahat (antagonis). Kalau dalam tulisan non fiksi tentunya kiat sebutkan nama sesuai dengan fakta, atau bisa juga disamarkan sesuai kebutuhan tulisan. Hubungan antar tokoh juga bisa dijelaskan dengan membuat pertanyaan dari kata who ini. Sehingga antara satu tokoh dengan tokoh lainnya bisa saling bertalian.
Selanjutnya kata Why, mengacu kepada sebab atau alasan. Pertanyaan ini bisa digunakan untuk memperdalam pengetahuan kita terhadap sesuatu yang sudah dipertanyakan dengan kata What. Kalau mengacu kepada kemampuan berfikir, pertanyaan ini mengacu ke tingkatan yang kritis. Sedangkan How mengacu kepada keterangan. Bagaimana kejadiannya, bagaimana rupanya? Dan banyak lagi contoh pertanyaan yang bisa dibuat untuk dikembangkan dalam tulisan mengacu kepada keterangan.

Demikian keterangan singkat dari jurus 5W+1H dalam mengembangkan tulisan. Jurus ini hanya bersifat untuk membantu menyusun kerangka tulisan agar bia dikembangkan dengan baik dalam paragraph-paragraf yang akan disusun menjadi tulisan. Baik itu fiksi maupun non fiksi. Semakin pandai kita mengembangkan jurus tadi maka akan semakin berkembang tulisan yang disusun. Tentu semuanya akan bisa tercapai dengan berlatih terus menerus seperti yang dilakukan oleh penulis sekarang ini. Mencoba menceritakan kembali hasil diskusi dengan Gol A Gong agar tidak terhapus begitu saja dari ingatan. Juga dengan harapan bisa digunakan sebagai ilmu dan tentunya bermanfaat bagi yang akan berlatih menulis. Semoga.          

Tags:

No Comment to " Belajar Jurus 5W 1H "

Tinggalkan jejak di sini