News Ticker

GOTONG ROYONG UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER

By Agus Khairi - Wednesday, November 21, 2018 8 Comments

Pendidikan karakter di lembaga pendidikan agaknya sulit dilaksanakan jika hanya mengandalkan guru dan pihak sekolah atau madrasah saja. Perlu adanya kerja sama dari pihak lain di luar lingkungan lembaga pendidikan agar penguatan karakter bisa terwujud. Sehingga bisa menghasilkan siswa yang berkarakter sesuai dengan amanat pendidikan yang diatur dalam undang-undang.
Sebuah anggapan keliru di sebagian masyarakat, utamanya di kalangan bawah bahwa pendidikan menjadi tanggung jawab sepenuhnya lembaga pendidikan. Hal ini tercermin dari sikap kurangnya perhatian dari orang tua terhadap program sekolah. Mereka cenderung menyerahkan semua urusan pendidikan anakpada lembaga pendidikan. Padahal terdapat tripusat pendidikan yang harus berperan aktif yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat. Ketiga elemen inilah yang akan melaksanakan perannya masing-masing untuk bisa mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Tanpa peran dari ketiga elemen ini maka sepertinya akan sulit mewujudkan pendidikan dan penguatan karakter bagi anak negeri ini.
Dalam pendidikan karakter ini tentunya semua elemen harus bisa melaksanakan perannya masing-masing. Karena siswa tentunya tidak seharian penuh berada di lembaga pendidikan. Mereka akan lebih banyak berada di keluarga dan lingkungan masyarakat. Keluarga mempunyai peran yang penting juga dalam mewujudkan program penguatan pendidikan karakter (PPK). Karena keluarga merupakan pendidikan yang utama dan pertama bagi siswa. sehingga mempunyai peran yang sangat strategis. Dari keluargalah pembinaan pertama kali dilakukan terhadap anak. Dengan pembinaan yang massif di lingungan keluarga maka akan memberikan bekal yang kuat bagi pendidikan selanjutnya nanti di sekolah. Melalui keteladanan dan pembiasaan nilai-nilai keagamaan maupun karakter-karakter baik di lingkungan keluarga maka akan mengakar pada anak sehingga terbawa saat keluar dari lingkungan keluarga.
Masyarakat juga tidak kalah penting perannya dalam penguatan pendidikan karakter. Di masyarakat inilah siswa atau anak bisa bergaul dan mendapatkan pengalaman hidup sehari-hari. Dengan memberikan ruang bagi siswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan gotong royong atau keagamaan di tengah masyarakat maka akan memberikan pengalaman yang baik. sehingga apa yang didapatkan di sekolah dapat dilihat dan dilakukan praktiknya di tengah-tengah masyarakat.
Dengan adanya kerja sama yang baik adri tripusat pendidikan maka akan membuat program penguatan pendidikan karakter menjadi lebih mengakar di keseharian siswa. Kombinasi dari dasar yang kuat dari keluarga, materi yang bagus dari sekolah dan fasilitasi yang luas dari masyarakat tidak mustahil akan dapat meuwjudkan program pendidikan karakter yang berdampak luas dan kuat. Sehingga gotong royong dari tripusat pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat, sangat diharapkan untuk program penguatan pendidikan karkater yang kuat dan menyeluruh.
#NonFiksi
#ODOPBatch6         

8 comments to ''GOTONG ROYONG UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER"

ADD COMMENT
  1. Dengan gotong royong pekerjaan jadi lebih mudah...

    ReplyDelete
  2. Setuju. Peran keluarga dan masyarakat juga sangat penting.

    ReplyDelete
  3. Setuju. Peran keluarga dan masyarakat juga sangat penting.

    ReplyDelete
  4. Setuju pak penguatan pendidikan karakter tanggungjawab keluarga dan masyarakat juga

    ReplyDelete
  5. Betu mas Agus. Miris banget di rumah gak boleh buang sampah sembarangan. Di sekolah, temen2nya asik aja buang sampah sembarangan 😪

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini