News Ticker

GURUKU PAHLAWANKU

By Agus Khairi - Monday, November 12, 2018 No Comments

Gegap gempita perayaan Hari Pahlawan tiap tanggal 10 Nopember begitu terasa secara nasional. Bagi warga NTB tahun ini menjadi lebih istimewa lagi karena merayakan Hari Pahlawan terasa begitu terasa. Pasalnya salah satu Pahlawan Nasional berasal dari NTB, yaitu Maulanasyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Tahun ini menjadi tahun ke dua peringatan Hari Pahlawan yang terasa istimewa tersebut, apalagi saya sebagai warga Lombok Timur yang kebetulan sang Pahlawan Nasional tersebut berasal dari Pancor Lombok Timur. Rasa bangga tentunya menyelimuti saya dan masyarakat Lombok Timur yang sangat mengenal baik perjuangan Maulanasyaikh. Kalau masyarakat Lombok biasa menyebutnya dengan Tuan Guru Pancor.
 Perjuangan sang Tuan Guru memang banyak, baik dalam mengajarkan ilmu agama juga mendirikan lembaga pendidikan yang bercorak keagamaan, Madrasah. Perjuangan dalam dunia pendiidkan inilah kemudian bagi saya yang sangat istimewa, kaena berkat perjuangan Tuan Guru banyak sekal madrasah yang berdiri baik yang dirintis sendiri maupun yang didirikan oleh masyarakat namun dengan semangat Sang Tuan Guru dan tetap berafiliasi dengan Orgnaisasi Islam yang didirikannya yaitu Nahdlatul Wathan. Sampai sekarang tercatat sekian banyak madrasah yang beridiri di Lombok tidak lepas dari semangat yang terus mengalir dari Sang Tuan Guru sebagai perintis pendirian madrasah pada masanya. Sehingga tidak salah kalau dijuluki dengan Abul Madaris (baca: Bapak Madrasah).

Perjuangan dalam bidang pendidikan baik non formal maupun formal inilah yang begitu terasa sampai sekarang ini. Banyak lahir guru-guru dan lembaga pendidikan karena hasil didikan Sang Tuan Guru. Murid-murid yang dulunya belajar kepada Maulanasyaikh tidak sedikit yang meneruskan jejeak sang Guru mendirikan Madrasah maupun menjadi pengajar di tengah-tengah ummat sebagai muballigh. Saya pun ikut merasakan bagaimana semangat perjuangan dalam dunia pendidikan  ini begitu kuatnya. Dalam keseharian saya bergelut di dunia pendidikan madrasah yang didirikan oleh salah satu murid Maulanasyaikh. Semangat menjadi pendidik ini juga begitu terasa dari Sang Tuan Guru yang dapat saya lihat dari semangat murid-muridnya. Sehingga, tepat kemudian kalau saya katakan Pahlawan Nasional yang satu ini adalah sebagai Guru. Guru dalam bidang agama maupun dalam bidang pendidikan keilmuan yang lainnya.  

#NonFiksi
#ODOPBatch6

No Comment to " GURUKU PAHLAWANKU "

Tinggalkan jejak di sini