News Ticker

JIKA HARUS MENGHUKUM

By Agus Khairi - Saturday, November 24, 2018 9 Comments

Dalam dunia pendidikan tentunya penegakan disiplin dan tata tertib bagi warga di dalamnya sangat penting. Baik untuk Guru maupun Peserta Didik harus diterapkan tata tertib masing-masing agar keteraturan bisa terwujud. Dalam penerapan tata tertib tentu aka nada sanksi bagi pelanggarnya yang telah diatur juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Untuk pelanggaran tata tertib oleh peserta didik terkadang memberikan hukuman tidak bisa dihindari. Berbagai macam bentuk hukuman sering diterapkan oleh Guru terhadap siswa yang melanggar aturan. Ada yang menggunakan skor pada tiapleanggaran, ada juga yang memberikan hukuman berupa tindakan. Tindakan dalam hal ini tentunya adalah hukuman yang mendidik. Harus juga diperhatikan berbagai aspek dalam memberikan hukuman terhadap anak yang berupa tindakan agar tetap sesuai dengan azas pendidikan.
Jika terpaksa harus memberikan hukuman, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memberikan hukuman seperti berikut ini:
1.        Sesuaikan dengan orangnya.
Dalam memberikan hukuman penting mempertimbangkan siapa yang akan menerima hukuman. Jangan sampai memaksakan hukuman pada siswa yang nantinya bisa berakibat fatal. Justru akan menyimpang jauh dari diberikannya hukuman.

2.        Sesuaikan dengan bobot kesalahannya.
Hendaknya sebagai lembaga pendidikan kita sudah harus punya tolak ukur untuk mementukan bobot kesalahan siswa agar hukuman atau sanksi yang diberikan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

3.        Spesifikkan hanya pada tindakan atau fakta.
Memberikan hukuman harus sesuia dengan fakta lapangan agar yang menerima hukuman juga bisa menerima dan menyadari kesalahannya. Jangan mencampur adukkan dengan kesalahan-kesalahan lain yang tidak ada kaitannya dengan fakta kejadian.

4.        Ikuti dengan penjelasan dan nasihat yang bisa diterima.
Substansi dari hukuman adalah nasihat kepada siswa. Sehingga dalam memberikan hukuman hendaknya nasihat dan penjelasan menjadi yang utama.

5.        Tunjukkan nilai-nilai yang menjadi acuan.
Nilain-nilai yang mejadi acuan dalam kehidupan sosial di lembaga pendidikan penting untuk ditunjukkan agar siswa yang bersangkutan bisa mengetahui kenapa dirinya diberikan hukuman.

6.        Mengendalikan Emosi.
Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga emosi ketika memberikan hukuman kepada siswa. jangan sampai emosi yang membludak mengakibatkan hukuman yang diberikan bisa berlebihan.
7.        Jadikan semua ini hanya sebatas strategi, bukan sifat bawaan.
Memberikan hukuman sejatinya hanyalah strategi untuk mendisiplinkan siswa yang tidak mematuhi tata tertib atau norma yang beraku di lingkungan lembaga pendidikan.

#NonFiksi

#ODOPBatch6 

Sumber bacaan: edukasia September 2008

9 comments to ''JIKA HARUS MENGHUKUM"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini