News Ticker

BERSERI DAN BERDAYA BERSAMA ASTRA

By Agus Khairi - Sunday, November 25, 2018 5 Comments
sumber: budiono.net

Pada tahun 2017 lalu, tepatnya tanggal 23 Juli, saat masih berada di Surabaya saya mendapat undangan dari teman yang seorang penulis, untuk menghadiri acara peresmian Kampung Berseri Astra di Keputih Kecamatan Sukolilo. Karena saya seorang pendatang di Surabaya maka saya langsung mencari tahu letak Kelurahan Keputih ini. Saya kaget begitu tahu bahwa tempat ini awalnya adalah tempat pembuangan sampah. Sangat bertolak belakang dengan sebutan Kampung Berseri. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya untuk mendatangi tempat ini sesuai dengan udangan yang telah disampaikan.
Pada hari yang ditentukan maka saya berangkat ke lokasi acara, dengan bermodal Google Map saya melintasi jalan-jalan di Surabaya yang sudah mulai ramai di pagi hari. Sesuai dengan petunjuk di Peta bahwa saya akan melewati Terminal keputih kemudian Taman yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Namun oleh Pemerintah Kota Surabaya dibuat taman bunga dan di pinggirnya ditanami dengan bamboo kecil yang rimbun ala Jepang. Sehingga tempat ini menjadi favorit di kalangan penduduk Surabaya maupun pendatang seperti saya. Dari pinggir taman inilah saya memasuki kampung berseri dimaksud. Benar saja di sepnajang jalan masuk masih terlihat bahwa tempat ini adalah memang tempat pembuangan sampah. Siapa sangka di dalamnya akan diadakan peresmian Kampung Berseri yang digagas oleh Astra Indonesia.
Benar saja begitu memasuki gerbang langsung terlihat pemandangan yang menakjubkan bagi saya. Sepanjang gang masuk ditanami pohon-pohon hiasan menggunakan pot. Pagar sederhana namun cantik dengan hiasan warna-warni dapat dilihat sepanjang jalan masuk di depan rumah warga. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada, bahkan sebagian adalah limbah kayu dan plastic, warga kampung menata taman-taan kecil di depan rumah masing-masing di sepanjang gang. Selain tanaman hias warga juga menanam tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan obat alami. Selain untuk obat, warga juga menanam tanaman yang menghasilkan kebutuhan dapur sederhana. Terasa sejuk sekali memasuki kawasan perkampungan yang bersih dan asri ini. Apalagi kampung ini juga banyak ditanam pohon markisa yang konon menjadi Icon Pariwisata di Surabaya.
Kegiatan di bidang lingkungan tidak hanya itu saja, pengolahan sampah maupun air limbah juga dilakukan di kampung ini. Untuk sampah basah dilakukan pengolahan untuk menjadi kompos di tempat pengolahan yang dinamakan Rumah Hijau. Sdangkan utnuk sampah plastic dan kardus ada Bank Sampah yang menampung semuanya untuk ditukarkan dengan uang kepada warga. Kemudian ada juga Instalasi Pengolahan Air Limbah dalam skala kecil yang mengolah air limbah di mushalla yakni air bekas wudhu diolah untuk menjadi air yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Adapun untuk pengolahan air dalam skala yang lebih besar ada Water Treatment Plant.
Dalam bidang pendidikan, kampung ini juga mempunyai Rumash Pintar yang digunakan sebagai pusat pendidikan untuk anak-anak. Ada tempat bermain, belajar, pelatihan computer serta tempat pertunjukan kreasi mereka. Sehingga kebutuhan bermain dan belajar untuk anak-anak di kampung ini terpenuhi selain di sekolah. Begitu juga untuk peningkatan keterampilan warga juga dibina di sini.
Selain dalam bidang pendidikan, dalam bidang kesehatan kegiatan yang dilakukan berupa posyandu balita. Ada juga pembinaan-pembinaan oleh Astra dan bantuan berupa alat-alat kesehatan untuk peningkatan layanan di Posyandu. Untuk menunjang kesehatan warga juga diadakan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), dengan menanam berbagai tanaman yang berkhasiat obat. Tentunya ini akan sangat berguna bagi warga kampung dalam menjaga kesehatan secara alami.
 Dalam bidang ekonomi, selain Bank Sampah, kampung ini juga giat melakukan pembinaan warganya dalam bidang UKM. Seperti pembuatan tempe, sari kedelai dan laundry. Selain itu juga KBA mengembangkan usaha di bidang Minuman Markisa denabn merk dagang “Oo Markisa”. Dengan banyaknya kegiatan usaha dalam bidang UKM ini maka diharapkan warga kampung yang ada di 3 RT ini dapat meningkat taraf hidupnya. Selain itu juga ada Rumah Jamur yang akan dibuka kembali untuk peningkatan usaha ekonomi warga KBA.

Dengan pembinaan 4 bidang yakni, Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi, Astra sudah membantu masyarakat di KBA untuk hidup sehat dan berdaya. pada tahap selanjutnya adalah bagaimana gotong royong masyarakat bisa melanjutkan dan meningkatkan program yang ada sekarang untuk lebih baik lagi. Tidak lagi bergantung dengan bantuan pihak swasta, namun ke depan bisa mengembangkan secara mandiri kegiatan dalam 4 bidang yang menjadi fokus Astra dalam pembinaan melaui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).     

#NonFiksi
#ODOPBatch6

5 comments to ''BERSERI DAN BERDAYA BERSAMA ASTRA"

ADD COMMENT
  1. Sepertinya menarik mas Agus. Jadi pengen lihat aslinya 😊

    ReplyDelete
  2. Keren, saya awalnya tertarik untuk mengikuti lomba ini, namun tidak mengetahui tempatnya yangvm dekat dengan lokasi saya.

    ReplyDelete
  3. Waaaah kereen. Bacanya aja jadi berasa ikut sejuk 😊
    Konsep begini harus semakin dikembangkan

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini