News Ticker

MENEMUKAN BAKAT SISWA

By Agus Khairi - Saturday, November 24, 2018 1 Comment

Tidak bisa dipungkiri bahwa system pendidikan hari ini banyak menuai kritik terutama dalam hal keluarannya. Hal ini mendapat sorotan karena belum terarahnya materi pelajaran yang sesuai dengan bakat dan minat anak sejak dini. Banyaknya pengetahuan umum yang diajarkan kepada siswa dipandang tidak bisa mengarahkan siswa terhadap bidang apa yang menjadi bakatnya. Perlu untuk diperhatikan bahwa semua siwa mempunyai bakat masing-masing dan berbeda satu samam lainnya. Menjadi tugas pendidik dan orang tua untuk menemukan dan mengarahkan bakat dan minat seorang anak.
Bakat adalah berbagai bentuk kelebihan bawaan yang menjadi ciri khas dominan si anak. Bakat ini sebagain besar bersifat khusus pada bidang tertentu saja sehingga pada penerapannya nanti akan berlaku pada bidang tertentu juga. Ini harus menjadi perhatian pendidik terutama orang tua untuk mengenali bakat anak agar bia mengarahkan sejak dini. Dengan demikian maka anak bisa lebih cepat menemukan bakatnya dan dikembangkan lebih awal untuk hasil yang lebih baik di masa mendatang.
Ada bebearapa langkah yang bisa ditempuh dalam mengetahui bakat anak. Hal ini bisa menjadi tugas pihak sekolah dalam menemukannya melalui Bimbingan Konseling (BK) dan bisa bekerja sama dengan orang tua untuk melakukan pengamatan terhadap anak. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar bisa mengenali bakat anak:
1.        Kegiatan yang membuat anak tertarik untuk melakukannya secara alami.
2.        Kegiatan yang membuat anak bisa cepat mempelajari dan menguasainya.
3.        Kegiatan yang langkah-langkahnya muncul secara otomatis dari anak.
4.        Kegiatan yang secara tidak disadari dapat dilakukan si anak dengan baik.
5.        Kegiatan yang membuat si anak puas bila melakukannya, merasa tidak ada beban, dan senang melakukannya.
6.        Hasrat sejatinya: keinginan yang selalu muncul dari dalam diri dan sulit dibendung.
7.        Garis keturunan: pekerjaan, profesi, keunggulan orang tua/keluarga.
8.        Hobi, klub yang ingin dimasuki, dan lingkungannya.
9.        Materi akademik tertentu yang dikuasai dengan baik.
10.    Materi teknis yang dikuasai si anak dengan baik.
Dengan mengetahui bakat anak maka pihak sekolah maupun orang tua bisa memberikan peluang dan mengarahkan siswa agar bisa mendalami kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Begitu juga dengan mata pelajaran bisa diperdalam dengan baik beberapa mata pelajran yang menunjang untuk pengembangan bakat tersebut. Tentunya tanpa menegasikan maa pelajran wajib lainnya di sekolah. Sehingga orang tua dan guru ke depannya tidak perlu kecewa saat siswanya menonjol pada satu mata pelajaran namun sedikit kurang pada mata pelajaran lainnya.
#NonFiksi
#ODOPBatch6
Sumber bacaan: edukasia, September 2008

1 comment to ''MENEMUKAN BAKAT SISWA"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini