News Ticker

SARAPAN AGAR PINTAR

By Agus Khairi - Wednesday, November 21, 2018 8 Comments
klikdokter.com

Sarapan bisa memberikan dampak yang bagus untuk perkembangan kognitif anak sehingga bisa menyerap pelajaran dengan baik di sekolah. Selain itu dengan sarapan juga bisa meningkatkan daya ingat anak. Tentunya ini sangat penting untuk anak agar bisa menyerap pelajaran dengan baik di sekolah.
Pada kenyataannya banyak siswa di sekolah yang melewatkan sarapannya. Mereka lebih banyak makan saat keluar main yang tentunya sudah lewat dari jam seharusnya sarapan. Hal ini menyebabkan banyak kendala bagi siswa sendiri, salah satunya adalah siswa banyak yang sakit perut dan bahkan dibawa ke PUSKESMAS. Seperti halnya di Madrasah tempat saya mengajar. Sering guru bagian kesiswaan pagi-pagi dibuat repot oleh siswa yang terpaksa harus dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pengobatan. Rata-rata penyebabnya adalah siswa tersebut tidak sarapan pada pagii hari. Padahal pihak Madrasah secara rutin mengingatkan agar siswa tidak melewatkan sarapan sebelum jam pelajaran dimulai. Bahkan dari pihak Puskesmas juga jerap memberikan penyuluhan untuk pentingnya sarapan bagi siswa. Namun banyak yang belum mengindahkan himbauan tersebut dan terjadilah gangguan pada pagi hari.
Dari gangguan pada pagi hari ini saja sudah barang tentu menghambat kegiatan pembelajaran siswa yang bersangkutan. Sehingga akan berpengaruh pada prestasi akademik siswa tersebut. Senada dengan hal ini dr. Ulul Albab, Sp. OG mengungkapkan, “Beberapa jurnal mengatakan ada korelasi positif antara sarapan dan daya tangkap otak anak. Ada pula yang mengaitkannya dengan konsentrasi serta proses berpikir akademis pada anak.” Jelas bahwa sarpan sangat besar dampaknya bagi prestasi siswa di sekolah. Maka pennting untuk siswa agar tidak melewatkan sarapan karena akan berpengaruh positif terhadap kualitas prestasi akademik siswa itu sendiri.
Untuk menyikapi agar siswa tidak melewatkan sarapan adalah dengan megatur jadwal kegiatan sebelum pembelajaran agar memberikan waktu untuk sarapan bagi siswa. karena tidak sedikit sekolah yang memulai aktifitasnya sebelum jam 7 sehingga ini juga berpengaruh bagi pengaturan waktu siswa untuk sarapan. Selain itu juga bisa diatur waktu sarapan bersama walaupun tidak rutin setiap hari untuk mebiasakan siswa sarapan sebelum mulai belajar. Apalagi banyak orang tua yang megeluhkan bahwa anaknya tidak mau sarapan terlalu pagi maupun kadang tidak sempat karena diburu waktu. Apapun kendala yang dihadapi tentunya baik pihak sekolah maupun pihak orang tua berusaha dengan berbagai cara agar siswa tidak melewatkan sarapan. Karena sarapan sangat penting untuk membekali siswa dalam menghadapi pembelajaran di sekolah. Dengan demikian siswa bisa melejitkan kemampuan akademiknya demi memperoleh prestasi yang diharapkan.
#NonFiksi
#ODOPBatch6 

8 comments to ''SARAPAN AGAR PINTAR"

ADD COMMENT
  1. Sarapan bersama, ide yang bagus mas! Disekolah2 kayanya baru ada makan siang bersama, tapi sarapan belum pernah dengar... thank you untuk sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Sarapan sebaiknya jangan dilewatkan agar belajar tetap fokus

    ReplyDelete
  3. Sarapan bersama kalau TK dan PAUD biasanya sudah rutin seminggu sekali atau sebulan sekali.

    ReplyDelete
  4. Sarapan emang ngaruh banget ternyata buat otak, soalnya kan mikir dan otak butuh energi dan nutrisi untuk itu, nice info qaqaa

    ReplyDelete
  5. Sarapan itu salah satu kunci keberhasilan dalam belajar.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di sini