News Ticker

SERUNYA MENJADI GURU BLOGGER

By Agus Khairi - Monday, November 12, 2018 2 Comments

Perkembangan jaman selalu diikuti oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang dihajatkan untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya. Ilmu pengetahuan yang berkembang pesat kemudian melahirkan penemuan-penemuan di berbagai bidang termasuk cara manusia berkomunikasi satu sama lainnya. Bisa dilihat bagaimana perkembangan cara komunikasi masyarakat mulai dari surat sampai ke telpon pintar saat ini. Dari sejak dikenalnya tulisan cara komunikasi masyarakat berkembang terus sesuai dengan penemuan yang ada sampai berbentuk digital seperti sekarang ini. Tentunya semuanya itu semakin memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan komunikasi yang tidak terikat jarak dan waktu. Informasi atau berita yang dulunya berhari-hari bahkan berminggu-minggu baru bisa sampai sekarang ini bisa dalam hitungan detik.
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sakarang ini tentunya membutuhkan kemampuan dan keterampilan untuk bisa memanfaatkannya. Literasi digital menjadi hal yang mutlak untuk dikuasai bagi masyarakat sekarang ini agar bisa menyesuaikan diri dengan jaman. Literasi digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Dua hal yang menjadi titik tekan dalam hal ini yaitu memperoleh informasi dan komunikasi, yang mana keduanya sangat penting untuk menunjang keseharian kita. Literasi digital ini pada akhirnya akan dibutuhkan oleh semua kalangan profesi dan kelompok umur. Dari petani hingga pejabat, dari balita hingga orang dewasa. Semuanya dituntut untuk melek digital agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana semuanya didominasi oleh media digital.
Salah satu profesi yang harus merespon cepat dan tepat dari perkembangan meda digital ini adalah guru. Karena bidang pendidikan tidak bisa terelepas dari perkembangan media digital sekarang ini. Sehingga literasi digital mutlak dimiliki oleh guru-guru yang notabene akan berhadapan dengan generasi milenial yang mana sudah akrab dengan media digital. Literasi digital dibutuhkan oleh seorang guru untuk meyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perilaku peserta didik jaman ini sehingga mudah dalam melakukan pendekatan dalam proses pembelajaran. Tidak hanya itu, seorang guru juga harus melek digital agar bisa mengikuti perkembagan ilmu pengetahuan secara up to date dan mencari sumber-sumber materi pembelajaran yang beragam untuk kebutuhan kelasnya. Begitu juga dalam memberikan akses materi terhadap peserta didik bisa saja menggunakan media digital yang bisa diakses dengan mudah oleh peserta didik.
Tersedianya media dalam bentuk digital ini tentunya membutuhkan satu lagi unsur yang penting yaitu kreatifitas. Guru kreatif tentunya akan bisa membuat isi materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan kreatifitas tinggi dari seorang guru maka produk yang dihasilkan akan jauh lebih menarik apalagi didukung oleh media digital. Karena walaupun terkesan canggih namun tidak menarik juga bisa mengurangi minat peserta didik untuk mempelajarinya. Sehingga berimbas terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kreatifitas yang tinggi dari seorang guru akan melahirkan sesuatu yang berbeda dan baru bagi peserta didik sehingga ketertarikannya terhadap materi pembelajaran menjadi tinggi. Dengan demikian kreatifitas seorang guru sangat ditekankan dalam mengelola pembelajaran baik dari segi tehnik maupun isi dari materi pembelajaran.juga dengan kratifitas ang dimiliki oleh guru maka pembelajran tidak menjadi membosankan bagi peserta didik. Terlebih lagi dengan banyaknya hal-hal yang bisa lebih menarik perhatian peserta didik di luar lingkungan sekolah maka dengan adanya guru yang kreatif maka hal tersebut tidak terlalu mengalihkan perhatian siswa.
Salah satu cara untuk menyalurkan kreatifitas bagi seorang guru adalah melalui blog atau laman pribadi. Blog merupakan salah satu media yang bisa digunakan sebagai media untuk menyampaiakn materi pembeajaran yang sifatnya lifetime. Blog ini bisa diakses kapan saja selama 24 jam oleh peserta didik bahkan oleh orang lain juga yang bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran.dalam laman pribadi ini, guru mengunggah materi pembelajarannya sesuai dengan tema dan meminta siswa untuk mengakses matei tersebut. Selain itu juga guru bisa memberikan latihan soal di blog pribadi ini sehingga peserta didik bisa belajar menjawab latihan soal. Bisa saja kemudian disertai dengan pembahasan soal agar bisa diperiksa langsung kesalahan dalam menjawab soal.
Cara membuat blog ini tidaklah sulit, kita hanya perlu menyiapkan akun gmail/e-mail yang lain untuk bisa membuat blog. Kita tidak perlu khawatir akan tampilan blog seperti apa karena sudah disipakan secara gratis oleh platform yang menyediakan layanan blog seperti blogspot dan wordpress. Kalau merasa kesulitan bagaimana cara membuat blog pertama kali, guru bisa mencari rujukan dan tutorial cara membuat blog yang sudah tersebar begitu banyak. Begitu juga cara pengeloalaan blog agar tampilannya menarik bisa mencari tutorial di dunia maya. Bahkan kalau beruntung kita bisa mendapat template blog pro secara gratis yang menambah daya tarik tampilan blog kita. Dengan demikian maka yang berkunjung ke blog kita akan suka dan senang untuk berkunjung lagi.
Di samping tampilan yang menarik, blog juga butuh domain dan hosting agar terlihat professional dan gampang diakses. Megenai apa itu hosting dan domain bisa dicari sendiri rujukan untuk ini. Salah satu penyedia domain murah adalah DomaiNesia yang menyediakan domain mulai dari .com, .net, .id dalan lain-lain. Dengan mengunakan domain ini maka akan menambah keseruan dari pengelolaan blog kita. Dengan demikian maka kita akan semakin terdorong untuk terus mengelola blog kita dengan mengisinya dengan materi-materi sesuai dengan menu yang bisa kita tetapkan sendiri sesuai kebutuhan.   
Dalam blog ini nantinya kita bisa membuat menu yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau guru, bisa saja menyiapkan menu tentang materi, contoh soal, dan pembahasan soal. Atau bisa juga menyiapakan menu tugas khusus untuk peserta didik yang ada di sekolah sendiri. Selain itu juga bisa disediakan menu untuk tulisan alin seperti artikel dan opini terkait dengan pendidikan atau bidang pelajaran yang menjadi kualifikasi dari guru itu sendiri. Tidak hanya itu, cerita perjalanan menarik dan curahan hati sehari-hari bisa kita tuangkan dalam blog kita dilengkapi dengan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut. Bahkan dengan adanya buku digital yang disediakan oleh pemerintah kita juga bisa mengunggah buku tersebut dan bisa diunduh oleh pserta didik kita. Tentunya ini bisa menjadi alternative buku murah bagi peserta didik kita. Tinggal bagaimana guru menuangkan kratifitas seluas-luasnya dalam blog pribadi tersebut.
Menjadi guru blogger bisa memberikan pengalaman yang menarik. Dengan kita memanfaatkan media digital yang akrab dengan peserta didik maka akan terasa lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Keseruan lain yang bisa dirasakan dengan adanya blog ini adalah kita bisa mengikuti berbagai lomba blog, seperti lomba blog domainesia agar kita bisa meningkatkan kemampuan dan kreatifktas kita dalam media digital, terutama menulis di blog. Pada tahap selanjutnya nanti dari blog ini kita bisa mendulang rupiah dengan semakin bagus dan menariknya isi dan tampilan blog yang kita miliki. Dengan memasangkan iklan pada blog ini kita akan mendapatkan bayaran dari pihak pemasang iklan sesuai dengan banyaknya pengunjung blog kita. Maka tugas kita untuk membuat blog dengan tampilan menarik serta isi yang bagus agar banyak pengunjungnya. Selanjutnya kita bisa mendapatkan pengalaman menarik dari mengelola blog, menjadi guru blogger yang professional.

#NonFiksi
#ODOPBatch6  

2 comments to ''SERUNYA MENJADI GURU BLOGGER"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini