Category 7

News Ticker

AJARAN CINTA RAMADAN

By Agus Khairi - Saturday, May 18, 2019 No Comments


Perintah melaksanakan puasa pada bulan Ramadan tidak hanya sebagai bentuk penghambaan diri manusia terhadap Sang Pencipta. Lebih jauh puasa sebagai madrasah yang baik dalam rangka melatih manusia untuk mengendalikan diri agar bisa lebih sabar. Selain itu, puasa juga akan melatih seseorang agar peduli terhadap sesame, terutama mereka yang hidup kekurangan secara materi.
Dengan menahan lapar dan dahaga sehari penuh maka secara langsung seseorang yang berpuasa akan merasakan langsung bagaimana rasanya menahan lapar. Dengan demikian maka penderitaan sebagian orang yang hidup kekurangan bisa dirasakan langsung. Maka dari sini akan timbul rasa kepedulian terhadap mereka yang hidup kekurangan. Kepedulian kita ini kemudian akan berkembang menjadi cinta dan kasih saying terhadap mereka. Salah satu cara menunjukkan cinta dan kasih kita kepada meraka adalah dengan menyisihkan sebagian harta untuk kita berikan kepada mereka melalui infaq, sodaqoh, dan zakat.
Ajaran Ramadan agar peduli terhadap kehidupan sosial ini tentunya akan terus menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama. Karena orang yang cinta terhadap seseorang maka akan selalu berusaha menunjukan kepedulian kepada orang yang dicintai. Maka secara langsung, puasa Ramadan akan menumbuhkan cinta dan kasih kepada sesama yang kekuarangan dan juga anak yatim piatu. Sehingga puasa tidak hanya melatih diri agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik tetapi juga menumbuhkan cinta terhadap sesama, dengan menumbuhkan kepedulian bagi orang yang berpuasa. Maka salah satu indicator keberhasilan madrasah Ramadan adalah meningkatnya rasa cinta seseorang terhadap ora g lain yang hidup kekurangan dan yatim piatu.  

#Day12
#RWC2019
#OneDayOnePost  

Tags:

No Comment to " AJARAN CINTA RAMADAN "

Tinggalkan jejak di sini