News Ticker

BERBURU BERBAGAI KEUTAMAAN

By Agus Khairi - Thursday, May 30, 2019 No Comments


Pada sepuluh malam terakhir Ramadan merupakan saat yang banyak terdapat keutamaan. Keutamaan tersebut akan bisa diraih dengan melakukan aktifitas ibadah mulai dari salat tarawih sampai pada waktu salat malam. Tidak heran kemudian berbagai kegiatan difasilitasi oleh beberapa masjid agar jamaah bisa melaksanakan ibadah pada malam-malam terakhir Ramadan ini. Salat amlam dan I’tikaf menjadi kegiatan yang sangat dianjurkan oleh para ulama.
Salah satu yang menjadi daya tarik dan motivasi kaum muslimin beribadah pada sepuluh malam terakhir ini adalah malam lailatul qadar. Malam di mana keutamaannya lebih baik dengan seribu bulan. Jadi wajar kemudian banyak yang mendambakan bisa bertemu dengan malam yang mulia ini. Nmaun tidak ada yang tahu persis kapan lailatul qadar ini turun, walaupun sudah dikatakan dalam berbagai keterangan bahwa saatnya pada sepuluh malam terakhir. Jadi tidak ada salahnya pada malam-malam angka ganjil diisi dengan kegiatan ibadah sehingga bisa bertemu dengan malam ini.
  Berhubung lailatul qadar ini tidak diketahui persis turunnya maka harus dilakukan dengan strategi yang tepat, yaitu menunggu sembari mengerjakan berbagai ibadah. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah, pertama, I’tikaf di masjid dengan memperbanyak salat malam dan berdo’a kepada Allah agar diampuni dosa-dosa dan diijabah. Kedua, memperbanyak zikir dan sholawat kepad rasul dengan memilih berbagai amalan zikir dan solawat yang anyak dipakai oleh para ulama. Agar kegiatan ini tidak terasa berat karena kondisi ngantuk, maka bisa dilakukan secara berjamaah, artinya dilakukan dengan banyak orang di satu tempat walaupun kegiatannya sendiri-sendiri. Dengan demikian, menunggu merupakan strategi yang tepat agar dapat bertemu dengan malam lailatul Qadar yang tidak diketahui kapan persisnya waktu turunnya.
#Day23
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " BERBURU BERBAGAI KEUTAMAAN "

Tinggalkan jejak di sini