Category 7

News Ticker

JANGAN NILAI SESUATU DARI LUARNYA SAJA

By Agus Khairi - Sunday, May 12, 2019 1 Comment


Bagi masyarakat Lombok yang sangat akrab dengan makanan pedas, apalagi dalam hal sambal, maka salah satu nahan yang tidak bisa terlupakan adalah terasi. Begitulah, sambal tanpa terasi tentu akan kurang sedap terasa. Sehingga dalam setiap pembuatan bumbu masakan, hampir selalu terasi tidak pernah ketinggalan. Bahan bumbu yang terbuat sebagian besar dari udang ini memang ampuh untuk memberikan rasa yang enak untuk sambal. Sehingga wajar saja, masyarakat Lombok senang sekali memakai terasi xebagai campuran sambal maupun bumbu masakan.
Sensasi enak dari terasi pada sambal maupun bumbu justru bertentangan dengan bau yang cukup menyengat. Ironis memang, tidak disangka bahwa dalam bau yang cukup menyengat ini tersimpan bahan yang membuat sambal terasa enak. Sempat juga, karena bau yang tidak sedap ini, tempat pembuatan terasi ini menjadi ejekan bagi penduduknya. Ketika menyebutkan tempat pembuatan terasi ini sebagai asal seseorang maka akan timbul nada yang mengejek karena daerahnya terkenal dengan bau terasi. Teman SMA saya banyak yang mengalami ini lantaran mereka berasal dari daerah penghasil terasi. Padahal, tanpa disadari oleh yang mengejek bahwa, mereka tidak akan enak makan tanpa adanya terasi sebagai bahan pembuat sambal maupun bumbu makanan mereka.
Memang kadang demikianlah yang terjadi di sekitar kita. Penilaian luar terhadap sesuatu membuat kita lupa akan apa yang ada di dalamnya. Seperti terasi, bau yang tidak sedap jadi bahan ejekan sehingga melupakan manfaat besarnya terhadap sambal maupun masakan yang kita makan. Oleh karenanya, tidak sepantasnya kita buru-buru memberikan penilaian terhadap yang nampak dari luar saja, namun perlu kita dalami dan sadari bagaimana manfaat yang dierikan dari segi yang lain. Dari kasus terasi ini, cukup memberikan pelajaran akan hal tersebut. Sehingga kita bisa saling menghargai satu sama lain.
#Day7
#RWC2019
#OneDayOnePost  

Tags:

1 comment to ''JANGAN NILAI SESUATU DARI LUARNYA SAJA"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini