News Ticker

KOLAK

By Agus Khairi - Thursday, May 9, 2019 1 Comment


Kolak merupakan makanan khas di Indonesia yang hampir bisa kita temui di setiap daerah. Bahannya yang sederhana dan cara pembuatannya yang mudah, membuat jenis makanan ini banyak diminati orang, tentunya juga dengan rasanya yang enak. Walaupun hampir merata di setiap daerah, namun masing-masing tempat punya ciri khas dari bahan utama pada kolak ini. Ini tergantung dari hasil bumi apa yang ada di daerah tersebut yang bisa diolah menjadi kolak.
Menu kolak akan banyak dijumpai pada saat bulan Ramadan. Jenis makanan ini dimasukkan ke dalam menu takjil berbuka puasa bagi umat islam yang berpuasa. Kolak digunakan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dan hal bisa saja sesuai dengan anjuran bagi yang berpuasa untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Banyak variasi menu kolak pada bulan Ramadan yang bisa ditemui, di antaranya, kolak ubi, pisang, labu, singkong, kolang-kaling, dan lain-lain. Tinggal penikmatnya mahu pilih jenis bahan yang mana tergantung selera.
Pada hari-hari biasa mungkin kolak ini hanya menjadi makanan rumahan. Dan tidak sering dibuat sebagai makanan ringan menemani sajian saat ada acara. Namun berbeda dengan bulan Ramadan, kolak akan banyak kita jumpai baik yang dibuat di rumah maupun ditemukan di pusat jajanan takjil puasa. Secara langsung yang awalnya hanya makanan rumahan bisa menjadi bahan jajanan pasar yang laris manis. Tentunya ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat yang menjual takjil pada bulan Ramadan. Maka kolak ini sekaligus menjadi berkah Ramadan bagi muslim yang menjalankan puasa dan penjual kolak.   

#Day3
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

1 comment to ''KOLAK"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini