Category 7

News Ticker

KOTAK AMAL DAN KEIKHLASAN

By Agus Khairi - Saturday, May 25, 2019 No Comments


Ikhlas adalah hal yang sangat ditekankan saat seorang muslim melaksanakan amal ibadah. Sikap yang tanpa pamrih, murni karena Allah merupakan kunci tingkatan dari amal perbuatan seseorang. Tanpa ada terbersit keinginan untuk pamer terhadap sesama makhluk Allah. Itulah yang sangat ditekankan kepada seorang muslim dalam melaksanakan perintah agama. Termasuk dalam mengeluarkan infaq dan shodaqoh, amal ini tidak harus diketahui oleh orang lain agar bisa terhindar dari riya’, keinginan yang tidak murni karena Allah.
Salah satu cara agar saat mengeluarkan infaq atau shodaqoh tidak diketahui leh banyak orang adalah melalui kotak amal. Kotak amal ini biasanya sudah banyak di musala maupun masjid, sehingga memudahkan bagi siapa saja yang ingin mengeluarkan amal, tinggal masukkan ke dalam kotak amal yang tersedia. Walaupun terkadang terlihat oleh orang namun minimal kita bisa sembunyikan jumlah amal kita, sehingga kita tetap terjaga untuk ikhlas, tidak merasa pamer saat ada yang melihat amal kita.
Infaq dan shodaqoh tentunya tidak hanya untuk masid dan musala, namun masih ada alokasi lain seperti Yatim-Piatu, Yayasan Pendidikan maupun Sosial. Kita juga bisa menyalurkan amal kita kepada mereka. Beruntungnya, kotak amal untuk mereka ini bisa kita temui di banyak tempat. Bagi lembaga yang dikelola dengan modern, kotak amal mereka bisa kita temui di tempat-tempat pembelanjaan, took-toko, bahkan di lembaga keuangan maupun jasa. Sehingga kapan saja kita bisa memasukkan amal kita di kotak amal tersebut. Menariknya, kotak amal pada tempat-tempat di atas, bisa saja membuat orang tergerak untuk beramal saat selesai transaksi. Dari sisa transaksi tersebut kadang langsung diamsukkan ke dalam kotak amal. Sehingga dalam waktu yang lama tentunya akan terkumpul banyak infaq dan shodaqoh. Di tempat-tempat ini tentu kita tidak akan berjumpa langsung dengan yang punya kotak amal. Dengan demikian bisa menjaga si dermawan agar tetap ikhlas tanpa mengharap pamrih.

#Day19
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " KOTAK AMAL DAN KEIKHLASAN "

Tinggalkan jejak di sini