Category 7

News Ticker

LEBARAN TOPAT

By Agus Khairi - Tuesday, May 21, 2019 No Comments


Dalam tradisi masyarakat muslim di Indonesia ketupat merupakan makanan khas saat merayakan Idul Fitri. Hidangan ini akan menjadi ciri khas jamuan saat lebaran bagi sebagian besar muslim di Indonesia untuk menggantikan nasi lengkap dengan lauk opor ayam dan yang lainnya. Ketupa memang sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia. Sehingga, saking kuat ciri khas lebaran dengan ketupat maka tidak jarang gambar ketupat dengan berbagai design melengkapi ucapan selamat lebaran yang bertebaran di tempat-tempat umum maupun di dunia maya.
Untuk masyarakat di kampung saya, dan umumnya di Lombok, saat hari Raya Idul Fitri, ketupat tidak menjadi hidangan khas pada hari itu. Hidangan yang disajikan kebanyakan adalah nasi dan lauknya, bisa opor dan lainnya. Ketupat akan menjadi hidangan yang khas malah pada hari Lebaran Topat (Topat = bahasa Sasak untuk Ketupat). Acara yang diadakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal ini akan ramai oleh hidangan ketupat lengkap dengan lauk khasnya. Menurut keterangan, Lebaran Topat ini dimaksudkan sebagai perayaan lebaran bagi mereka yang puasa sunnah syawal. Dirayakan di Musholla atau di Masid dengan makan bersama yang didahului dengan Zikir dan Do’a bersama warga sekampung.
Lebih jauh berbicara mengenai ketupat atau topat, bagi masyarakat Lombok, mungkin juga daerah lain di Indonesia, ketupat tidak hanya ditemukan pada momen khusus. Namun ketupat ini sering ditemukan sehari-hari. Malah ketupat ini menjadi makanan pennganti nasi saat pagi atau sore. Biasanya dimakan dengan makanan khas Lombok yaitu, plecing kangkung. Demikianlah ketupat di tengah masyarakat Lombok, tidak hanya sekedar sajian khas idul fitri tetapi juga sesekali menjadi makanan pengganti nasi.
#Day15
#RWC2019
#OneDayOnePost  

Tags:

No Comment to " LEBARAN TOPAT "

Tinggalkan jejak di sini