News Ticker

LOMBA TARAWIH

By Agus Khairi - Friday, May 10, 2019 1 Comment


Salat Tarawih merupakan salat yang hanya dilakukan saat bulan Ramadan. Walaupun hukumnya sunah, namun sangat dianjurkan. Sehingga bagi penulis sendiri salat ini serasa wajib. Di samping salat ini hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadan saja, namun dengan balasan yang sangat istimewa pada tiap malamnya maka salat ini tentunya rugi jika ditinggalkan.
Terdapat perbedaan dalam jumlah rakaat salat tarawih dalam pelaksanaannya oleh umat muslim. Ada yang 20 rakaat dan ada yang 8 rakaat. Masing-masing punya dasar yang kuat. Bagi yang melaksanakan 20 rakaat dan 3 witir, tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama. Namun, sebaliknya, justru saya merasa dengan alasan jumlah rakaat yang banyak ini pelaksanaannya dipercepat agar waktunya tidak terlalu lama. Inilah titik lemahnya bagi sebagian umat muslim yang mengerjakan 20 rakaat. Bacaan dan gerakan dipercepat, yang akhirnya terkesan memburu jumlah rakaat yang banyak namun rukun salat banyak yang kurang sempurna. Hal ini lantaran imam membaca dengan cepat dan setiap gerakan juga dipercepat.
Di tempat tinggal saya dan sekitarnya, mungkin juga di daerah lain, sholat tarawaih ini terkesan adu cepat antar Musala atau masjid. Hal ini terasa sekali, mengingat setiap kampung mempunyai langgar atau musala  masing-masing. Dilengkapi dengan pengeras suara dengan jangkauan yang luas, maka akan diketahui musala mana yang selesai lebih dulu. Di sinilah terkesan ada adu cepat salat tarawih. Sayangnya, masih banyak jamaah yang menentukan pilihan, akan salat di mana tergantung tingkat kecepatan imam salat.
  Dengan tingkat kecepatan yang berbeda, justru timbul dampak negatifnya, saat satu musala sudah selesai, kemudian di tempat yang lain masih berlangsung maka akan cukup terusik dengan suara dari pengeras suara. Bisa jadi konsentrasi berkurang karena suara dari musala yang lain. Juga jamaah salat tarawaih akan terganggu konsentrasi karena ingin cepat-cepat selesai lantaran msuala yang lain sudah selesai. Padahal dalam tuntunannya, agama tidak mengharuskan salat tarawih dikerjakan dengan cepat, karena justru akan membuat pengerjaannya kurang sempurna dari segi bacaan dan rukun. Namun kita patut bersyukur, bahwa banyak jamaah yang sudah mulai sadar bahwa salat tarawih tidak harus cepat. Justru mereka merasa nyaman saat tarawih dilakukan dengan pelan, sehingga mereka tidak merasa lelah dengan gerakan yang cukup cepat. Terutama bagi jamaah yang sudah berusia tua. Semoga semakin banyak imam dan jamaah salat tarawih yang sadar bahwa rukun dan bacaan sempurna menjadi sayarat bagi tercapainya imbalan yang dijanjikan oleh Allah bagi hambanya yang mengerjakan salat tarawih. Sehingga ke depan, tidak ada lagi adu cepat salat tarawih antar musala maupun masjid di daerah saya. Aamiin
#Day5
#RWC2019
#OneDayOnePost 

Tags:

1 comment to ''LOMBA TARAWIH"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini