MENGHADIRKAN IMAN SAMPAI KE TOILET MASJID - NDL institute
Tulisan Terkini
Loading...

Sunday, May 26, 2019

MENGHADIRKAN IMAN SAMPAI KE TOILET MASJID



Sudah banyak dibahas dalam berbagai kajian dan pertemuan bahwa salah satu masalah dalam umat Islam adalah penerapan akan ajaran Islam itu sendiri. Dalam hal ibadah tentunya tidak diragukan lagi, karena sepertinya di sinilah focus umat Islam maupun para pemuka agama ini. Namun dari segi penerapan dalam kehidupan sehari-sehari, dari segi amaliah social, masih diragukan penerapan ajaran-ajaran Islam sendiri. Ini terlihat dari bagaimana perbedaan sikap muslim dan non muslim, pada praktiknya justru non muslim yang terlihat mengamalkan ajaran Islam secara penuh.
Contoh sederahana yang bisa diambil adalah terkait dengan kebersihan. Padahal kita tahu bersma bahwa dalam kajian fikih islam, yang paling awal dibahsa adalah tentang bagaimana keberishan diri. Ini tentunya terkandung maksud bahwa bagaimana Islam mengedepankan akan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Bahkan membersihkan diri menjadi syarat sahnya ibadah seorang muslim.
Di atas sudah disinggung perihal penerapan ajaran islam oleh pemeluknya. Mari kita perhatikan kebersihan tempat ibadah kita, saya rasa kita juga akan sepakat bahwa kadang masih ada sebagian tempat ibadah ini yang bermasalah dengan tingkat kebersihan. Apalagi akan berbicara terkait kebrishan kamar mandi dan toilet masjid. Miris kadang melihatnya, bahwa area yang satu ini, seperti kurang perhatian baik oleh pengurus maupun pemakainya. Tidak jarang kita temui toilet masjid ini bau dan kotor. Padahal keberadaannya sangat penting di area masjid, guna menunjang lancarnya proses ibadah kaum muslim.
Dari sana bisa terlihat bagaiama penerapan ajaran islam tentang kebersihan pada umatnya. Padahal kita bersepakat bahwa keberishan sebagian dari iman. Oleh karenanya bagi umat islam, penting untuk menghadirkan iman sampai ke ruang-ruang public, bahkan sampai ke toilet masjid pun, iman harus  hadir. Iman harus diterapkan oleh segenap umat islam agar ajaran islam berul-betul hadir sampai ke ranah social agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaamn, sesuai dengan kata yang sangat terkenal dalam dunia kaligrafi yaitu, kebersihan sebagian dari iman.
#Day20
#RWC2019
#OneDayOnePost  
  

Share with your friends

Give us your opinion

Tinggalkan jejak di sini

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done