News Ticker

MERAJUT KEBERSAMAAN MELALUI BUKBER

By Agus Khairi - Wednesday, May 22, 2019 No Comments


Bulan Ramadan merupakan salah satu kesempatan untuk menjalin kebersamaan dengan berbagai kalangan. Ajang buka puasa bersama atau bukber menjadi peluang yang paling banyak dimanfaatkan untuk berkumpul dengan banyak kalangan. Dari keluarga besar, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja dan lainnya. Karena selain dengan keluarga dipastikan akan jarang bisa bertemu pada saat lebaran nanti. Biasanya sepuluh hari terakhir paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk bukber.
Di keluarga saya, momen bukber ini yang ditunggu-tunggu oleh kami sekeluarga. Pada saat inilah berkumpul semua saudara beserta anak-anaknya. Tentu menjadi saat-saat yang dinanti-nanti oleh Ibu, karena bisa melihat semua anak dan cucunya berkumpul. Hampir tidak ada yang absen pada saat bukber ini. Entah sudah berapa tahun kegiatan ini kami adakan. Momen kebersamaan ini begitu terasa, mulai dari sholat magrib berjamaah, makan bareng, lalu shoat isya dan tarawih bersama, seolah mejadi rangkaian kegiatan yang terus merajut kebersamaan kami. Sehingga kedekatan kami pun terus terjalin dengan baik pada bulan-bulan berikutnya. Oada tahun ini tentu akan semakin terasa sempurna, karena anggota bukber bertambah dengan kehadiran satu orang anggota keluarga baru. Dan insya Allah tahun depan akan bertambah juga dengan lahirnya cucu untuk Ibu.
Selain dengan saudara-saudara, dua tahun terakhir bukber juga coba saya inisiasi bersama sepupu-sepupu dari garis Bapak. Alhamdulillah sangat berkesan, waluapun tinggal berdekatan, namun momen kebersamaan ini tentu sangat berarti, walaupun sekali waktu makan bersama sering kami adakan di luar Ramadan. Di luar bukber dari keluarga saya, dua bukber bersama kelaurga dari pihak istri juag sudah dua kali dilakukan, tentunya ini menambah agenda bukber di bulan puasa ini. Belum lagi satu bukber yang sangat berkesan bagi saya kemarin adalah bukber dengan kawan-kawan laumni FMN. Kami berkumpul dengan alumni-alumni yang dulunya pernah tergabung dalam satu organisasi. Selain bukber juga dilakukan diskusi untuk tukar pendapat bagaimana alumni ke depan.
Rangkaian bukber di atas tentunya akan membuat ikatan yang sudah terjalin akan semakin erat. Tergantung bagaiamana kita merangkai acara tersebut agar betul-betul bisa menjadi ajang kebersamaan. Sehingga ikatan slaturahim yang sudah lama terjalin akan terus terjaga sampai seterusnya.
#Day16
#RWC2019
#OneDayOnePost    

Tags:

No Comment to " MERAJUT KEBERSAMAAN MELALUI BUKBER "

Tinggalkan jejak di sini