News Ticker

NGABUBURIT YANG DIRINDUKAN

By Agus Khairi - Friday, May 10, 2019 1 Comment

Salah satu kegiatan yang khas dengan bulan Ramadan adalah ngabuburit. Kegiatan ini dilakukan dengan banyak cara, tergantung usia dan kondisi lingkungan. Ada yang melakukannya hanya sekedar nongkrong bareng di area sekitar kampung, di pinggir jalan, atau ada yang pergi ke suatu tempat. Tempat yang dikunjungi biasanya terdapat keramaian. Sesuai dengan makna yang berkembang di masyarakat, bahwa kegiatan ini memang ditujukan untuk menunggu datangnya petangnya. Mengisi waktu untuk menunggu waktu berbuka puasa.
Saat ini tiba-tiba Saya merindukan kegiatan ngabuburit ini. Tidak terasa sudah lama kegiatan ini tidak saya lakukan di luar rumah. Tentu sangat berbeda dengan ngabuburit anak jaman sekarang yang duduk sambil main game dengan di gawai mereka yang canggih. Dulu, ngabuburit ini kami lakukan beramai-ramai dengan kelompok pemuda. Dengan mengendarai motor kami konvoi keliling area sekitar kecamatan, namun tetap tertib dan santai. Kebersamaan begitu terasa di antara kami. Dan inilah yang sangat saya rindukan. Namun, sepertinya tidak mungkin untuk diulangi.
Meskipun terkesan hedon, namun ngabuburit ini menjadi sarana hiburan bagi kalangan remaja maupun golongan tua. Hal ini juga diperlukan mengingat seharian melakukan aktifitas sembari puasa. Namun tentu masih ada alternative lain yang terkesan lebih bermanfaat lagi untuk menunggu waktu berbuka puasa, yaitu memperbanyak aktifitas ibadah. Dari pada diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat dan justru mengurangi nilai ibadah puasa.     


Tags:

1 comment to ''NGABUBURIT YANG DIRINDUKAN"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini