News Ticker

NUZULUL QURAN DAN MASYARAKAT LITERAT

By Agus Khairi - Wednesday, May 22, 2019 No Comments

Nuzulul Qur’an setiap tahun dirayakan oleh umat islam di berbagai belahan dunia, utamanya di Indonesia. Selain pengajian uraian hikmah turunnya Al-Qur’an, berbgaai lomba juga diadakan oleh remaja masjid. Tentunya semuanya adalah kegiatan yang sangat baik, mengingat AL-Qur’an merupakan kitab suci bagi ummat Islam. Sehingga peristiwa turunnya perlu diperingati serta diambil hikmahnya, apalagi bagi generasi muda islam agar tidak lupa dengan Al-Qur’an serta isinya.
Melihat perkembangan perilaku warganet yang banyak menyebar kabar bohong (hoax), yang di dalamnya juga sebagian besar muslim, perasaan pesimis muncul terhadap manfaat peringatan nuzulul Qur’an tersebut. Bagaimana tidak, dari sekian lama peringatan ini belum juga memberikan efek meneladani Al-Qur’an sebagai pegangan hidup ummat Islam. Tidak perlu isi yang sekian banyak di dalam kitab suci ini, karena butuh ahli yang bisa menerangkannya, tapi cukup kita tarik pelajaran dari ayat pertama yang turun. Iqra’, bacalah, merupakan ayat yang pertama turun kepada Rasulullah. Dalam banyak tafsir, kata bacalah, tidak hanya mengacu kepada perintah Allah terhadap Rasul untuk membaca, namun lebih jauh ditafsirkan ke dalam bagaimana membaca dan memahami alam dan lingkungan manusia.
Ditarik ke ranah yang lebih teoritis, ayat yang pertama turun ini adalah erat kaitannya dengan literasi. Tidai hanya sekedar literasi teks semata namun jauh lebih bagaimana pemahaman terhadap apa yang dibaca. Apabila peringatan Nuzulul Qur’an ini betul-betul diarahkan untuk peningkatan literasi masyarakat dengan mengedepankan tabayyun dulu terhadap informasi yang diterima, maka ruang media social kita akan bisa lebih ramah. Tidak ada lagi berita bohong yang disebarkan, karena masyarakat kita lebih literat dengan mengedepankan membaca dan memahami. Tidak hanya sekedar like dan share. Ke depan, hikmah peringatan Nuzulul Qur’an diharapkan bisa melahirkan masyarakat yang literat, masyarakat yang mempunyai pemahaman tinggi terhadap informasi yang diterima. Semoga.  
           
#Day17
            #RWC2019
            #OneDayOnePost   

No Comment to " NUZULUL QURAN DAN MASYARAKAT LITERAT "

Tinggalkan jejak di sini