Category 7

News Ticker

SAJADAH DAN SAF SALAT

By Agus Khairi - Friday, May 24, 2019 No Comments


Salah satu perlengkapan untuk salat bagi muslim di tempat saya adalah sajadah. Tempat sujud ini akan banyak kita lihat dibawa oleh muslim yang akan melaksanakan salat ke masjid maupun musala. Walaupun di beberapa masjid dan musala sudah pakai keramik yang bagus bahkan sudah ada karpet sebagai alas salat. Namun demikian, keberadaan sajadah masih dirasa perlu sehingga masih banyak yang membawa sajadah saat akan salat di masjid dan musala.
Kalau melihat fungsi dari sajadah ini tentu sangat penting keberadaannya. Sehingga wajar jika muslim yang akan salat di masjid atau musala membawa sajadah ini. Dengan membawa sajadah tentunya kebersihan tempat sujud nantinya sudah terjamin. Selain itu akan menjamin kenyamanan saat salat dengan adanya sajadah yang terjamin kebersihannya tesebut.
Di samping fungsinya yang penting itu, saya coba melihat dari sudut pandang yang sedikit berbeda. Ini tidak lepas dari bentuk dan ukuran dari sajadah tersebut. Yang banyak dipakai di tempat saya adalah ukuran yang cukup besar, dan cocok digunakan untuk salat sendirian. Mengapa demikian? Karena kalau dipakai di masjid atau musala maka akan berpotensi memperlebar jarak saf salat berjamaah. Dengan memakai sajadah yang ukurannya agak besar seolah sudah mengkapling are tersebut untuk si pemilik sajadah. Sehingga jamaah yang lain akan malu menempati, di sinilah saya melihat justru dampak yang tidak baik dengan danya sajadah ini, saf salat akan menjadi lebar jaraknya natar jamaah yang satu dengan yang lainnya. Hal ini sering saya amati saat salat jum;at di masjid di lingkungan saya. Oleh karenanya perlu bijak dalam memilih ukuran sajadah agar fungsi yang diharapkan justru tidak merusak kerapatan saf salat berjamaah.

#Day18
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " SAJADAH DAN SAF SALAT "

Tinggalkan jejak di sini