Category 7

News Ticker

SAYA PERNAH MUDIK

By Agus Khairi - Tuesday, May 28, 2019 No Comments


Kegiatan tahunan yang mungkin hanya ada di Indonesia, yang menjadi tradisi nusantara, adalah pulang ke kampung halaman saat menjelang lebaran Idul Fitri. Tradisi yang kemudian disebut mudik ini menjadi sorotan media nasional dan daerah karena merupakan peristiwa besar dan layak untuk diberitakan. Dari segala sisi diliput media sampai arus baliknya, lengkap dengan serba-serbi mudik dan arus balik tersebut. Pemerintah juga tidak kalah persiapannya memberikan fasilitas mudik kepada warganya. Dari persiapan jalan raya, moda transportasi sampai bagaimana agar menjamin kelancaran, keamanan, dan ketertiban arus mudik. Benar-benar peristiwa yang melibatkan banyak orang dan menyedot perhatian.
Melihat hiruk pikuk mudik, yang hanya bisa saya ikuti perkembangannya lewat media, membuat saya berpikir bagaimana rasanya mudik. Namun sampai pada mendapat kesempatan belajar di luar daerah, saya berkesempatan merasakan mudik. Sebanyak dua kali lebaran, saya ikut merasakan bagaimana hebohnya suasana mudik. Dari merencanakan tanggal keberangkatan, berburu tiket murah, memilih moda transportasi, sampai riuh rendahnya saat di perjalanan. Betul-betul mobilitas orang yang butuh prhatian serius dari banyak pihak. Saya berpikir kemudian, wajar jika ini mejadi persipaan secara nasional dan menjadi pemberitaan nasional juga.
Dua kali merasakan harus mudik saat menjelang lebaran tentunya cukup memberikan pelajaran bahwa persiapan yang demikian hebohnya hanya untuk satu kata, yaitu pulang. Tentunya ini sangat lekat dengan mereka yang dalam waktu yang lama tidak di kampung halaman. Dari yang hanya sekedar beberapa tahun sampai mereka yang benar-benar tinggal menetap di daerah lain. Pasti akan sangat merindukan saat-saat untuk pulang, melali mudik inilah keinginan itu bisa dipenuhi. Sesuatu yang akan terus berlangsung saya kira, tidak peduli bagaimanapun canggihnya alat komunikasi. Karena berkumpul dengan keluarga tidak bisa tersalurkan lewat canggihnya media. Dan saya menjadi mengerti bagaimana semuanya itu, karena setidaknya saya pernah merasakan mudik walaupun hanya dua kali. Sesuatu yang mungkin saja tidak sedikit orang yang tidak pernah merasakannya.

#Day22
#RWC2019
#OneDayOnePost   

Tags:

No Comment to " SAYA PERNAH MUDIK "

Tinggalkan jejak di sini