Category 7

News Ticker

SEKOLAH PUASA

By Agus Khairi - Monday, May 6, 2019 No Comments

Sudah jamak diketahui oleh muslim bahwa puasa merupakan aktfitas menahan diri baik dari hawa nafsu lahiriah manusia maupun dari sifat tercela. Orang yang berpuasa tidak hanya diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum, namun lebih jauh untuk mengendalikan diri dari perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Sebagai kewajiban maka puasa ini tentunya akan mendapat imbalan dari Sang Khalik.

Dalam ajaran islam, puasa tentunya tidak hanya mengharuskan pengendalian diri pada saat bulan ramadhan saja, namun juga harus menjadi sarana untuk melatih diri untuk menjalani hidup setelah bulan Ramadhan. Sehingga bulan Ramadhan serinh disebut juga madras at al-shaum, sekolah puasa. Puasa diibaratkan menjadi masa belajar dan berlatih yang setelah keluarnya dari sekolah nanti bisa menerapkan hasilnya di kehidupan setelah keluar dari sekolah.

Layaknya sebuah sekolah tentunya akan melahirkan perubahan pada individu, yang mana dari yang tidak tahu menjadi tahu. Begitu juga dengan puasa diharapkan akan merubah individu yang menjalankan ibadah puasa menjadi lebih baik dari sebelum masuk ke sekolah puasa. Agar mendapatkan perubahan yang dimaksud tentunya tiap individu muslim harus menjalankan puasa sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu, bulan Ramadhan merupakan sekolah terbaik untuk merubah seorang muslim menjadi individu yang taqwa sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah: 183, bahwa tujuan puasa adalah agar manusia menjadi taqwa. Sehingga tidak ada bulan lain yang bisa dijadikan sekolah sebaik bulan ramadhan, seperti apa yang disampaikan oleh Tuan Guru Bajang H. M. Zainul Majdi, “Kalau Ramdhan itu tidak bisa merubah kita lebih baik lagi, maka tidak ada bulan dan waktu lain yang bisa merubah kita. Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik agar mendapat manfaat dari sekolah puasa tersebut. 

#Day1
#RWC2019
#OneDayOnePost

No Comment to " SEKOLAH PUASA "

Tinggalkan jejak di sini