News Ticker

SEPULUH MALAM TERAKHIR

By Agus Khairi - Monday, May 27, 2019 No Comments


Bulan Ramadan terkenal dengan berbagai keutamaannya yang dibagi dalam tiga bagian, masing-masing dalam sepuluh hari. Bahkan setiap malamnya punya keistimewaan tersendiri bagi yang melaksanakan salat tarawih. Sepuluh malam terakhir merupakan malam yang banyak diisi oleh umat muslim untuk beribadah. Di samping keutamaan sepertiga akhir ini, terdapat satu malam yang sangat istimewa dan menjadi incaran setipa muslim.
Untuk mendapatkan keistimewaan pada tiap malamnya, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah malam. I’tikaf di masjid banyak menjadi pilihan bagi kaum muslimin terutama pada sepuluh malam terakhir. Kegiatan ini sering disebut dengan malam bina iman dan taqwa atau disingkat MABIT. Di banyak masjid yang sudah maju kepengurusannya, mabit dipersiapkan dengan baik. Bahkan diatur oleh pengurus masjid sendiri agar jamaah yang akan ikut kegiatan mabit lebih nyaman melaksanakan ibadah.
Saya bersyukur, di kampung saya ada yang mengajak untuk melaksanakan mabit ini. Setiap tanggal ganjil, mulai tanggal dua puluh 1 kami diajak untuk sholat malam di musala. Banyak jamaah yang mengikuti kegiatan ini, termasuk para pemuda. Biasanya mereka tidak pulang dari musalla setelah selesai tadarrus Al Qur’an sampai jam 12 malam. Butuh kemauan tinggi dan persiapan agar bisa mengikuti mabit ini dengan baik. Rasa malas dan kantuk menjadi musuh utama untuk mengikuti mabit ini. Oleh karenanya, butuh iman yang kuat untuk melawan halangan besar berupa ngantuk dan malas tersebut.

#Day21
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " SEPULUH MALAM TERAKHIR "

Tinggalkan jejak di sini