News Ticker

SIROP DAN RAMADAN

By Agus Khairi - Tuesday, May 7, 2019 1 Comment


Tidak berlebihan jika muncul guyonan yang mengatakan, “jika dia sudah muncul di TV, niscaya Ramadan tidak akan lama lagi”. Jika diperhatikan memang guyon tersebut ada benarnya. Saat menjelang dan selama bulan Ramadan maka ruang visual kita di TV akan ramai dengan iklan jenis minuman sirop. Sirop, atau lebih sering disebut sirup oleh masyarakat akan wara-wiri di iklan televisi para pemirsa saat mendekati bulan Ramadan. Sehingga sirop seolah-olah lekat dengan aktifitas puasa kaum muslim di Indonesia.
Jika melihat data yang dilansir oleh Adsensity, salah satu merek dagang Sirop yakni, Marjan, menjadi brand yang paling terkenal pada akhir april dan minggu pertama Mei. Ini menunjukkan bahwa penetrasi iklan merk Marjan sangat kuat di ruang visual pemirsa TV. Tercatat pada 7 Stasiun TV Swasta menampilkan iklan sirop ini paling sering dibanding dengan merk dagang sirop yang lainnya. Dari keseluruhan data, baik total durasi dan banyaknya penayangan maka merk Sirop Marjan merajai iklan sirop di TV.
Dari data yang ditampilkan di atas, tentu berimbas pada penjualan produk tersebut. Dengan demikian maka bisakah kita simpulkan bahwa sirop begitu lekat dengan aktifitas puasa? Hal ini dapat dijawab dengan berbagai data yang disajikan bahwa penjulan beberapa produk termasuk salah satunya sirop meningkat pada bulan Ramadan. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa sirop sangat lekat dengan bulan Ramadan di mana permintaan akan sirop meningkat. Hal itu dikarenakan kebutuhan akan menu minuman dan olahan lain yang bisa dicampur dengan produk sirop ini. Pengalaman penulis bahwa, ketika Ramadan dan menjelang lebaran maka akan mendapat hadiah dari orang terdekat paket yang di dalamnya ada sirop. Demikian juga bingkisan yang berasal dari instansi pemerintah maupun swasta, hampir pasti akan ada sirop di dalamnya.

#Day2
#RWC2019
#OneDayOnePost        

Tags:

1 comment to ''SIROP DAN RAMADAN"

ADD COMMENT

Tinggalkan jejak di sini