Category 7

News Ticker

TUNJANGAN HARI RAYA

By Agus Khairi - Thursday, May 30, 2019 No Comments


Salah satu yang paling ditunggu oleh kaum pekerja pada saat sebelum lebaran adalah uang tunjangan hari raya yang biasa disingkat THR. Bagi kaum pekerja ini merupakan berkah karena mendapat tunjangan di luar upah dan khusus diberikan pada saat menjelang hari raya. Tentu saat-saat butuh dana yang lebih banyak untuk memenuhi bebagai keperluan. Di Indonesia yang terdapat banyak agama tentunya masing-masing pekerja akan mendapat THR pada saat hari raya masing-masing. Inilah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap keberadaan gama di Negara Indonesia ini.
Namun kalau dilihat, istilah THR ini mendapat perluasan makna di kalangan masyarakat. Istilah THR pada awalnya hanya dipakai di kalangan perusahaan dan kantor saja. Namun saat ini berkembang di kalangan masyarakat yang secara hubungan kerja tidak terikat sama sekali. Sudah lazim kita dengar seorang anak minta THR kepada orang tuanya. Atau cucu kepada nekek dan kakeknya, atau keponakan kepada paman atau bibinya. Sehinga istilah THR ini sekarng tidak hanya untuk kalangan pekerj asaja, namun di kalangan masyarakat biasa pun sudah dipakai sebagai istilah untuk uang belanja saat lebaran.
Terlepas dari siapa yang memakai istilah ini dan memberlakukannya, THR ini adalah sebuah kewajiban dari pemberi kerja terhadap para pekerjanya pada setiap hari raya masing-masing. Dalam konteks Indonesia yang beragam ini, maka merupakan sebentuk perhatian pemerintah terhadap umat beragama. Di sinilah terlihat bahwa Negara hadir dalam keidupan beragama rakyatnya kendatipun bukan merupakan Negara agama. Maka sudah sepatutnya kita berbangga hati hidup di Negara kesatuan Republik Indonesia ini, Negara yang sangat beragam agamanya.
#Day25
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " TUNJANGAN HARI RAYA "

Tinggalkan jejak di sini