Category 7

News Ticker

HILAL

By Agus Khairi - Monday, June 3, 2019 No Comments
kiblat.net
Akhirnya Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan pada siding isbat bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu. Ini artinya lebaran Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan tanggal 5 Juni 2019. Keputusan ini diambil setelah dilakukan pengamatan hilal di beberapa titik pengamatan. Kemudian dilakukan sidang isbat melibatkan banyak kalangan.
Seperti sebelum-sebelumnya, pengamatan hilal ini dilakukan dalam rangka menentukan tanggal 1 Syawal. Kegiatan yang rutin diadakan menjelang akhir Ramadan agar bisa menjadi panduan umat muslin di Indonesia untuk melaksanakan Sholat Ied. Ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah sebagai pengayom umat beragama di Indonesia. Walaupun demikian, ada beberapa kelompok yang menggunakan metode penghitungan yang berbeda dengan pemerintah. Sehingga memutuskan awal bulan tidak sepenuhnua menggunakan pengamatan hilal. Sehingga kadang bisa berbeda dalam menentukan awal bulan Syawal. Tentunya ini berakibat perbedaan hari pelaksanaan sholat ied di Indonesia. Dan ini tidak menjadi masalah karena masing-masing punya dasar dan metode yang kuat.
Terkait dengan penentuan hilal ini, memang akan berdampak pada jamaah yang akan merayakan lebaran, sulit memberikan kepastian sampai waktu malam dating. Seperti yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu, saat di desa saya saat menyambut datangnya 1 syawal. Kebiasaan pada saat malam idul fitri kami melaksanakan pawai obor dan takbir keliling, namun belum ada kepastian akan lebaran besok. Saat di tengah perjalanan acara pawai, ternyata pemerintah memutuskan bahwa 1 syawal jatuh pada lusa hari, bukan besoknya. Maka setelah pawai selesai, kami melaksanakan sholat tarawih untuk malam ke-30 ramadan. Namun inilah resiko bahwa penentuan awal bulan berdasarkan posisi hilal. Walaupun dengan metode yang berbeda dan resiko lebaran yang berbeda, namun yang penting tetap saling menghargai perbedaan pendapat di kalangan Umat Muslim di Indoensia.

#Day29
#RWC2019
#OneDayOnePost

Tags:

No Comment to " HILAL "

Tinggalkan jejak di sini