TANTANGAN GURU JAMAN NOW - NDL institute
Tulisan Terkini
Loading...

Sunday, September 6, 2020

TANTANGAN GURU JAMAN NOW

         

            Aktifitas di dunia maya meningkat pesat di masa pandemi yang dimulai pada triwulan kedua di tahun 2020 ini. Pasalnya, semua aktifitas keseharian dibatasi untuk dilakukan dengan adanya kebijakan social distancing karena COVID-19. Tak terkecuali aktifitas pembelajaran di sekolah dan di madrasah, semua terhenti dan dianjurkan untuk belajaran jarak jauh. Guru dan murid tidak perlu bertatap muka secara langsung di dalam kelas untuk kkegiatan pembelajaran. Semua dilakukan dengan pembelajaran melalui media dalam jaringan (online).

Kegiatan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah, mensyaratkan beberapa hal sehingga bisa terlaksana dengan baik. Kesatu, adanya perangkat yang mendukung kegiatan belajar dari rumah, dalam hal ini peralatan elektronik berupa laptop dan Handphone atau tablet pintar. Kedua, ketersediaan jaringan yang memadai berupa jaringan internet baik dari provider yang menyediakan paket data maupun dari penyedia jaringan Wi-Fi seperti Telkom. Ketiga, kemampuan pelaku pembelajaran jarak jauh, yaitu guru dan murid, dalam mengoperasikan perangkat dan aplikasi pendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh seperti, Whatsapp, Google Meet, Zoom Meeting atau Google Classroom.

Dari ketiga syarat di atas, syarat ketiga masih menjadi kendala serius bagi sebagian guru. Kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi pertemuan yang mendukung pembelajaran jarak jauh masih dirasa kurang dikarenakan jarang dilakukan. Sehingga guru tidak terbiasa untuk melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan) menggunakan apliaksi pertemuan. Akhirnya sebagian besar kegiatan pembelajaran banyak dilakukan setengah daring, yaitu melalui aplikasi Whatsapp (WA). Tidak jarang instruksi penugasan yang disampaikan ditindak lanjuti dengan pertemuan tatap muka dengan melakukan kunjungan rumah.

Melihat kondisi demikian maka literasi digital menjadi kebutuhan mutlak dan mendesak bagi guru. Literasi digital merupakan kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Merujuk pada pengertian tersebut maka, literasi digital mensyaratkan seseorang mampu menggunakan fasilitas yang ada, gadget dan internet, untuk malakukan komunikasi dan mendaptkan informasi. Bagi guru tentunya komunikasi yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan pembelajaran jarak jauh apabila pertemuan tatap muka di kelas dirasa kurang atau tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Selain itu, kemampuan untuk mengakses informasi diperlukan terkait dengan profesi guru maupun materi pembelajaran yang sudah tersedia banyak sekali di berbagai sumber di dunia maya dalam bentuk digital. 

Oleh karena itu, literasi digital merupakan kemampuan yang sudah seharusnya dimiliki oleh guru sekarang ini. Hal ini mengingat perkembangan teknologi informasi dan perkembangan peserta didik yang menjadi digital native yang tentunya harus disesuaikan cara pembelajarannya. Untuk itu, guru harus terus meningkatkan kemampuan diri dalam penguasaan teknologi dan sistem informasi untuk mendukung pembelajaran yang berbasis teknologi informasi agar tetap relevan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Jangan sampai tertinggal jauh oleh kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Share with your friends

Give us your opinion

Tinggalkan jejak di sini

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done